Sujiwo Tejo Sambangi Keraton

Sujiwo Tejo Sambangi Keraton

  Sabtu, 20 February 2016 12:11
DIABADIKAN: Sujiwo Tejo diabadikan bersama Sultan Sintang. SUTAMI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

AGUS Hadi Sudjiwo atau populer dengan nama Sudjiwo Tedjo dikenal sebagai seorang aktor dan budayawan menyempatkan diri mengunjungi Kraton Al-Mukarramah Kesultanan Sintang.Kedatangan tokoh budayawan ke Keraton Sintang tersebut disambut Sultan Sintang, Pangeran Ratu Sri Negara Haji Raden Muhammad Ikhsan Perdana. Dalam perbincangan antara tokoh budayawan terkenal tersebut banyak curhat masalah minimnya perhatian pemerintah terhadap Keraton Sintang.

Sultan bercerita, merosotnya perhatian pemerintah terhadap aset daerah, sejak masa kepemimpinan presiden Susilo Bambang Yudoyono. “Perhatian terhadap cagar budaya Sintang dari pemerintah, ada pada sama kepemimpinan presiden Gusdur dan Megawati. Namun setelah itu, hingga kini perhatian pemerintah merosot bahkan bisa dikatakan tidak ada,” kata Sultan.

Meski demikian, dirinya tidak menginginkan, Kesultanan Keraton Sintang hanya tinggal nama. Ia berharap dimasa kepemimpinan Bupati dan wakil Bupati Sintang yang baru bisa membangkitkan kembali marwah kesultanan Keraton Al Mukarrahmah Sintang  agar tidak hilang seiring dengan perkembangan Zaman.“Kita berharap dengan pemimpin baru di Kabupaten Sintang, bisa memberikan perhatian khusus terhadap aset daerah, karena sebagai bangsa yang kokoh adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah,” ungkapnya.

Beranjak dari curhatan Sultan Sintang, Sujiwo Tedjo mengaku prihatin karena pemerintah kurang peduli dengan aset daerah sendiri.“Kesultanan Al-Mukarrahmah, merupakan salah satu aset daerah yang mesti dijaga. Sangat disayangkan sekali jika sampai dilupakan, karena bagaimana pun juga dari sejarah inilah Sintang ada,” katanya.Dia juga menyempatkan diri untuk mengunjungi museum kesultanan, tempat menyimpan patung burung garuda.(stm)

Berita Terkait