Suicide Squad Terancam Tak Tayang di Tiongkok

Suicide Squad Terancam Tak Tayang di Tiongkok

  Minggu, 7 Agustus 2016 10:18
TAK MULUS: Pemeran film Suicide Squad (kiri-kanan) Will Smith, Margot Robbie dan Jared Leto saat menghadiri premiere di Beacon Theatre, New York, 1 Agustus lalu. BRYAN BEDDER/AFP

Berita Terkait

LOS ANGELES – Belum tuntas menghadapi kritik miring dan review buruk Suicide Squad dari pengamat atau bahkan fans, Warner Bros. sudah dihadapkan pada masalah baru. Film skuad penjahat DC Comics itu terancam tidak akan tayang di Tiongkok. Sebab, Warner Bros. terkendala izin dari badan sensor film setempat.

Oleh badan sensor film Tiongkok, Suicide Squad terindikasi penuh kekerasan. Dugaan tersebut lantas semakin memperkecil peluang film yang dibintangi Margot Robbie dan Jared Leto itu untuk tayang di negara tersebut. Judul film itu pun telah diganti menjadi Special Task Force X. ’’Sutradara David Ayer masih harus melobi pihak badan sensor film. Idealnya, negosiasi dilakukan dua bulan sebelum tanggal perilisan resmi,’’ ujar seorang sumber kepada Collider.

Tiongkok yang merupakan pasar film terbesar kedua di dunia menjadi harapan bagi Warner Bros. dan DC Comics untuk memulihkan reputasi mereka. Saat perilisan Batman v Superman: Dawn of Justice (BvS) pada Maret, sebagian besar fans merasa tidak puas dengan film tersebut. ’’Banyak yang meninggalkan bioskop atau bermain HP saat film berlangsung,” ucap sang sumber. Pendapatan BvS di Tiongkok pun tidak mencapai target USD 100 juta (setara Rp1,3 triliun), tetapi hanya USD 74,9 juta (setara Rp985 miliar).

Dari segi rating, Suicide Squad tergolong PG-13 yang mengizinkan remaja berusia minimal 13 tahun untuk menonton bersama orang yang lebih tua. Lain halnya Deadpool yang memiliki rating R sehingga dilarang di Tiongkok. Selain Deadpool, film lain yang pemutarannya juga dilarang di Tiongkok adalah Ghostbusters. ’’Kemunculan hantu dan kekuatan gaib dinilai sebagai hal yang negatif,’’ jelas seorang sumber kepada The Wrap. (len/c20/jan)

Berita Terkait