Suhardi Panen Ikan Monster

Suhardi Panen Ikan Monster

  Selasa, 3 November 2015 10:04
DIEKSPOR : Puluhan ekor ikan Tapah berhasil ditangkap nelayan di Sungai Mempawah. Foto Wahyu Ismir

Berita Terkait

MEMPAWAH-Masyarakat Kota Mempawah digemparkan dengan hasil tangkapan nelayan setempat. Suhardi Cs yang mendapatkan puluhan ekor ikan tapah di aliran Sungai Mempawah, Senin (2/11). Total berat puluhan ekor ikan yang disebut sebagai ‘monster’ sungai itu mencapai 500 kilogram.Ikan hasil tangkapan Suhardi Cs itu dijual kepada seorang penampung di Kota Mempawah, H Zulkarnain atau lebih akrap disapa Haji Boy yang beralamat di Jalan Gusti Muhammad Taufik. Nantinya, ikan-ikan monster hasil tangkapan nelayan tersebut akan dikemas dan dijual lagi ke negeri jiran, Malaysia, dengan harapan bakal dihargai lebih tinggi lagi.

“Jumlah ikan tapah ini ada puluhan ekor dengan total keseluruhannya mencapai setengah ton. Saya sengaja memamerkan ikan-ikan ini kepada warga sekitar sebelum nanti dipacking dan dikirim ke Malaysia,” terang Haji Boy kepada wartawan di kediamannya.Boy menerangkan, menurut penuturan nelayan kepada dirinya ikan-ikan tapah tersebut ditangkap dengan menggunakan pukat atau jaring.Ketika itu, Suhardi Cs sedang melakukan aktivitas memukat di beberapa titik dikawasan aliran Sungai Mempawah.

“Para nelayan ini memasang pukat di daerah Lubuk Sanking, Dusun Telayar dan Desa Sejegi. Dari beberapa titik itulah, mereka bisa mendapatkan puluhan ekor ikan tapah tersebut,” bebernya.Temuan puluhan ekor ikan tapah ini memang langka. Sebab, tidak gampang bagi nelayan mendapatkan rombongan ikan tapah dalam jumlah besar mencapai puluhan ekor. Apalagi, ikan tapah ini termasuk jenis hewan predator sungai yang sangat ganas dan berbahaya.“Biasanya rombongan ikan tapah ini hanya muncul satu kali dalam satu tahun yakni pada Oktober-November. Beruntung sekali para nelayan bisa mendapatkan kumpulan ikan-ikan tapah ini,” pendapatnya.

Pada saat itu, ikan tapah banyak muncul, sehingga mempermudah warga menangkapnya. “Di hari biasa memang ada, tetapi jumlahnya tidak sebanyak yang didapatkan warga kali ini,” bebernya.Lebih jauh, dirinya meyakini masih ada ikan tapah dengan bobot yang lebih besar dialiran Sungai Mempawah. Sebab, pada hari-hari biasa warga kerap mendapatkan ikan tapah dengan ukuran yang besar di Sungai Mempawah.“Beberapa waktu lalu, warga pernah mendapatkan ikan tapah berukuran raksasa. Makanya saya sangat yakin spesies ikan tapah ini cukup besar diperairan Sungai Mempawah,” ujarnya.

Lebih jauh, Boy berharap hasil tangkapan nelayan Mempawah tersebut semakin meningkatkan kesadaran masyarakat dan semua pihak untuk menjaga kelestarian Sungai Mempawah dari aktivitas pencemaran yang dapat merusak dan membunuh eksostem yang ada di daerah perairan sungai.“Apabila kelestarian sungai dapat dijaga dengan baik, maka spesies ikan-ikan ini akan terus berkembang dan dapat kita olah untuk kepentingan masyarakat,” tukasnya.(wah)

 

Berita Terkait