Suhadi Ungkap Bangsa Ini Sedang Menghadapi Lima Masalah Besar

Suhadi Ungkap Bangsa Ini Sedang Menghadapi Lima Masalah Besar

  Jumat, 15 December 2017 19:49

Berita Terkait

MENURUT  Drs. Suhadi Sw.M.Si bahwa saat ini bangsa kita sedang menghadapi lima masalah besar, yaitu Radikalisme, Intoleransi, Narkoba,  Kesenjangan Sosial dan Bonus Demografi.
Lima masalah besar tersebut tidak bisa disandarkan kepada pemerintah semata, tetapi semua pihak harus dilibatkan mulai dari lingkungan yang paling kecil yaitu rumah tangga, para Kaum Ibu yang selalu dekat dengan putra putrinya bisa memantau pergaulan putra putrinya termasuk perilaku yang bersangkutan ketika ada di rumah. Apakah menunjukkan adanya perubahan perilaku yang menyimpang. atau ada sesuatu yang mencurigakan atau aneh dan sebagainya, kesemuanya akan diketahui oleh orang orang terdekat yaitu keluarga.
Demikian juga pemerintah juga memiliki andil yang tidak sedikit, dalam lima permasalahan besar itu, diantaranya adanya rasa ketidak adilan dalam pembangunan, komunikasi yang tersumbat akibat pendekatan represif yang lebih diutamakan, aspirasi masyarakat tidak tertampung, sehingga mereka melakukan pelampiasan kekecewaannya dengan cara cara yang bertentangan dengan norma hukum, norma Agama, adat istiadat dan norma sosial lainnya.
Menurut Drs. Suhadi Sw.M.Si kondisi ini tidak boleh dibiarkan karena saat ini sudah mulai banyak ujaran kebencian yang menyerang pemerintah, adanya berita berita di Media sosial yang mempertentangkan perbedaan secara tajam, misal kelompok miskin dan kelompok kaya, Status sosial Etnis A dengan Etnis B, Perilaku pelaku kejahatan yang memancing amarah rakyat kecil dan sebagainya.
Masalah yang ada didepan mata kita adalah adanya kesenjangan sosial dikaitkan dengan Bonus Demografi, dimana keduanya ini memerlukan upaya strategis dari pemerintah untuk menghadapi kedua tantangan tersebut, perlu dibuatkan program padat karya, jadi semua pembangunan Infra struktur dilakukan secara padat Karya, sehingga semua tenaga kerja tertampung dan kurangnya angka pengangguran.
Program padat karya ini dahulu di Era Pemerintahan Orde baru permah dilaksanakan utamanya dalam menangani program progam pengerukan sungai, pembanguan jalan.dan infra struktur lainnya.
Menurut Drs. Suhadi Sw. M.Si dalam menghadapi lima masalah besar tersebut perlu sinergitas dalam mengantisipasi dan mencegahnya, diantaranya Diknas, Kementerian Agama, Perindag, Kampus, Lembaga Adat, Kelompok Komunitas, FKUB, Dinas Pertanian dan Perkebunan.Pemda. Polri dan TNI. Semuanya itu sangat diperlukan dalam rangka membangun sinergitas lintas Instansi. Semua pihak tidak boleh egois, tetapi masing masing bisa menempatkan diri sesuai dengan bidang tugas masing masing.**

Berita Terkait