Suhadi SW Berdayakan Empat Pilar dalam Mencegah Ternjadinya Konflik

Suhadi SW Berdayakan Empat Pilar dalam Mencegah Ternjadinya Konflik

  Jumat, 17 November 2017 15:41

Berita Terkait

Banyak pemikiran Cerdas dan cemerlang yang dilontarkan oleh Calon Walikota Pontianak Drs. Suhadi Sw.M.Si, dalam mensikapi penomena yang terjadi di Masyarakat.

Seperti bagaimana mencegah dan mengeliminir terjadinya konflik sosial.

Kalimantan Barat Menurut Drs. Suhadi Sw.M.Si memiliki masa lalu yang kelabu yaitu pernah mengalami konflik sosial yang dampaknya sampai saat ini, masih dirasakan oleh pihak pihak yang terlibat konflik dan luka psikologis akibat konflik lama sembuhnya.

Menurut Drs. Suhadi Sw.M.Si semua pihak tidak menghendaki terjadinya konflik, karena akibat konflik, tidak ada pihak yang merasa diuntungkan, yang menang jadi arang, yang kalah jadi abu.

Untuk mencegah terjadinya konflik Kata Drs. Suhafi Sw.M.Si perlu memberdayakan empat pilar yaitu membangun Birokrasi yang kuat, baik dan bersih, memberdayakan kaum cerdik pandai, Para Enterpreuneur atau Pengusaha dan tokoh agama.

Kata Drs. Suhadi Sw.M.Su jika keempat pilar ini  bersatu padu maka negara akan kuat dan jaya.

Bagaimana bentuk kegiatan keempat pilar tersebut,  menurut Drs. Suhadi Sw.M.Si bentuk kegiatan yang bisa dilakukan oleh masing masing pihak adalah Pertama kaum Birokrasi bagaimana merangkul masyarakat agar  guyub rukun, damai dan bisa hidup berdampingan, tanpa ada sekat diantara Etnis, Agama, Ras dan Antar Golongan. 

Hal ini bisa diperankan oleh Aparatur pemerintah paling depan yaitu Kepala desa atau lurah.

Mereka tinggal memerintahkan para ketua RT atau RW untuk melakukan kegiatan yang dapat menampung Aspirasi warganya, mereka bisa membangun komunikasi yang intensif dan diskusi tentang berbagai hal yang ada dalam masyarakat. serta bisa memberikan solusi yang solutif.

Kedua Kaum cerdik pandai sesuai dengan disiplin Ilmunya memberikan kontribusi Ilmiahnya melalui lembaga penelitian dan pengembangan atau melakukan kajian kajian yang  dapat dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah dalam menggerakkan roda pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kaum cerdik pandai ini bisa meningkatkan percepatan atau akselerasi Pembangunan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan mampu menyiapkan tenaga kerja yang Visioner, memiliki kecerdasan intektual yang handal dan semangat serta etos kerja yang tinggi.

Ketiga kelompok Enterpreuneur ( Pengusaha)  bisa menyiapkan atau membuka lapangan kerja baru, membantu Pemerintah untuk mencerdaskan Bangsa dengan memberikan bea siswa kepada putra putri terbaik Kalimantan Barat, untuk meningkatkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, melalui penyaluran dana Corporate Sosial Responsibility ( CSR). menjadi bapak angkat bagi anak anak Cerdas  Intelektual dan cerdas Iman namun kondisi ekonomi keluarga yang kurang menunjang, atau menjadi dewan penyantun diberbagai Cabang olah raga, karena kualitas olah raga menunjukan kualitas Bangsanya. ketika olah raga kita  maju maka seluruh dunia akan berpaling ke Indonesia, namun sebaliknya jika olah raga disuatu negara biasa biasa saja, maka negara lain memandangnya hanya sebelah mata. 

Keempat para tokoh agama bisa memberikan kontribusi yang sangat luar biasa. melalui dalil dalil agama masyarakat bisa dirubah Mindsetnya,  cara berpikirnya, cara bertindak dan perilakunya.

Melalui tokoh agama bisa dilakukan revolusi mental, karena seseorang yang memiliki intelektualitas tinggi namun kalau mentalnya kurang baik, mental menerabas maka berbagai hal bisa dilakukan, karena mereka memiliki kemampuan untuk melakukannya.

Para tokog agama bisa mengajak umatnya masing masing untuk saling hormat menghormati, tanpa memandang perbedaan Agama. Suku.  ras dan antar golongan. para tokoh agama bisa menggelorakan kita adalah bersaudara.

Menurut Drs. Suhadi Sw.M.Si jika keempat pilar ini bisa berperan secara maksimal, maka konflik sosial yang menjadi momok masyarakat dapat dicegah dan dieliminir bahkan ditiadakan.

Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang kuat. Bangsa yang memiliki kredibilitas tinggi jika semua pihak diberdayakan secara maksimal.

Berita Terkait