Suhadi Ajak Warga Kota Pontianak Bersepeda

Suhadi Ajak Warga Kota Pontianak Bersepeda

  Senin, 25 September 2017 10:00
GIATKAN BERSEPEDA: Suhadi saat Bersama komunitas sepeda Pontianak.

Berita Terkait

BERSEPEDA itu merupakan olah raga yang murah meriah, menyenangkan dan bisa dilakukan diberbagai medan berlumpur, beraspal, berbatu maupun medan yang penuh kemacetan. Demikian disampaikan Suhadi SW, saat ditemui mengayuh sepedanya berkeliling di sejumlah ruas jalan Kota Pontianak.

Menurut Suhadi, banyak manfaat yang bisa diambil dari olahraga bersepeda, diantaranya  menjaga kesehatan agar jantung tetap terjaga dengan baik, makin kencang mengayuh sepeda maka makin cepat pula detak jantung. Jadi setiap kayuhan sepeda akan diikuti dengan irama deyut jantung.  "Dengan bersepeda pikiran jadi segar tidak stress dan dapat menghirup oksigen yang segar," tambah Suhadi yang juga Sekretaris Umum KONI Kalbar. 

Melalui bersepeda juga bisa menambah teman dan dapat mengetahui kondisi masyarakat. Bersepeda pula, lanjut Suhadi, akan mendukung program pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang bebas polusi dan mengurangi kemacetan. Oleh karenanya ke depan jalur sepeda di Kota Pontianak harus diperluas. Para pelajar sekolah lanjutan pertama maupun lanjutan atas diwajibkan menggunakan sepeda ketika pergi dan pulang sekolah.

Mengapa demikian? Menurut Suhadi karena anak-anak usia sekolah lanjutan pertama dan SLTA belum cukup usia untuk mengemudikan kendaraan. Sehingga akan berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas. “Lain halnya ketika kita mengendarai kendaraan bermotor ada beberapa persyaratkan yang diwajibkan oleh Undang-Undang diantaranya usia minimal 16 tahun, memiliki Surat Ijin Mengemudi dan sebagainya,” katanya.

Kedepan, lanjut Suhadi, perlu digalakkan ke kantor pada hari hari tertentu misal hari Jumat pergi ke kantor menggunakan sepeda,  kenapa dipilih hari Jumat karena hari Jumat adalah kegiatan olah raga. (arf)

Berita Terkait