SUDAH MIRIP BOY BANGET

SUDAH MIRIP BOY BANGET

  Selasa, 30 Agustus 2016 09:30
FRESH: Achmad Megantara (tengah) berpose bareng para pendukung serial Catatan Si Boy. FEDRIK TARIGAN/JAWA POS

Berita Terkait

Cerita Achmad Megantara tentang Catatan si Boy

JAKARTA – Sudah berbulan-bulan ini, pemirsa NET. digoda dengan teaser yang judulnya mirip film populer era 80-an. Catatan si Boy. Sosok Boy tidak pernah digambarkan secara utuh. Hanya tampak belakang dan samping, siluet, atau tampak jauh dia membuka selubung mobil BMW merah yang dikendarainya.

Banyak spekulasi yang berkembang soal sosok pemeran Boy. Hingga akhirnya, seorang cowok imut bernama Achmad Megantara mengumumkannya enam pekan lalu. Di akun Instagram-nya, cowok 19 tahun itu berpose dengan Lydia Kandou, Leroy Osmani, dan Marsha Aruan. Dia menulis caption, ’’Ini keluarga Pak Sahid, terdiri atas Pak Sahid, Bu Sahid, dan adik gue Ina. Nama gue siapa ya?’’

Siapa Achmad Megantara?

Akhir pekan lalu, NET. memperkenalkan seluruh cast serial Catatan si Boy yang tayang pekan ini (3/9). Megantara atau yang akrab disapa Megan adalah cowok yang mengisi sosok Mas Boy versi modern. Dari segi penampilan, Megan tidak begitu mirip dengan Onky Alexander, pemeran Boy dalam film Catatan si Boy. Mas Boy versi Onky slenge’an. Perawakannya tinggi dan rambutnya gondrong. Boy masa kini lebih rapi.

Meski begitu, tampaknya sosok Boy sudah bercampur dalam diri Megan. Dia mengungkapkan, sejak kecil banyak orang yang memanggilnya Boy kecil atau Onky kecil. ’’Saya juga nggak tahu kenapa dipanggil begitu. Siapa Boy juga nggak tahu. Baru ngerti waktu SMA,’’ kata Megan saat dijumpai di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Jumat (26/8).

Karena penasaran, Megan menanyakan siapa itu Boy atau Onky kepada ayahnya. Saat itulah Megan kali pertama berkenalan dengan Boy dalam film Catatan si Boy. Sayangnya, hingga saat itu pun, cowok kelahiran 27 Desember 1996 tersebut tidak paham kenapa banyak yang menyamakan dirinya dengan Boy.

Megan mendapatkan peran Boy dalam serial televisi itu dengan sangat mudah. Seperti sudah berjodoh. Padahal, VP of Production NET. Roan Y. Anpira menyatakan bahwa tantangan terbesar untuk membuat serial Catatan si Boy adalah menemukan sosok yang dianggap pantas memerankan Boy. Menurut Roan, mencari pria yang cocok menggantikan sosok ikonik Onky butuh waktu hampir setahun. Megan mengikuti audisi pada April lalu. Tiga pekan kemudian, pertengahan Mei, dia memperoleh kabar lolos sebagai Boy. ’’Prosesnya cepat banget,’’ ucap pria yang masih kuliah di Universitas Mercu Buana Jakarta tersebut.

Senang, tentu saja. Ketika membaca skenarionya, Megan tidak menemui kesulitan. Namun, dia justru merasa bahwa tanggung jawab yang dipikulnya sangat besar. Sebab, dia memerankan sosok yang sangat fenomenal pada masanya. ’’Aku jadi punya tanggung jawab. Aku harus bisa semirip-miripnya dengan Om Onky. Minimal sama dengan dia,’’ tegasnya.

Lalu, bagaimana cara dia membangkitkan sosok Boy pada masa lalu? Ternyata tidak perlu. Megan merasa sosok Boy pada masa itu sudah ada dalam dirinya. Megan tidak bisa menjelaskan kemiripannya. Dia menjelaskan, saat dirinya sedang ngobrol dengan salah seorang kru produksi, si lawan bicara justru tidak menanggapi omongan Megan.

’’Dia cuma diam terus tiba-tiba bilang, ’Wah, ini lo mirip Boy banget. Lo ngobrol biasa aja juga ada Boy-nya,’’’ ungkap Megan yang menirukan ucapan kru tersebut. Dari sanalah, Megan makin percaya dapat membawakan peran Boy.

Pria yang juga pernah bermain dalam beberapa judul FTV itu menegaskan, yang dibutuhkannya adalah menjadi diri sendiri. Mengambil sisi Megan asli dan memadukannya dengan sosok Boy yang sudah melegenda. (glo/c14/na)

Berita Terkait