Suami Digoda Mantan Pacar

Suami Digoda Mantan Pacar

  Sabtu, 13 February 2016 08:32

Berita Terkait

Mengetahui suami digoda mantan pacarnya tentu sangat mengesalkan bagi seorang istri. Tentu saja ini bisa menjadi pemicu terganggunya keharmonisan rumah tangga. Apalagi, sang mantan pacar suami itu sangat agresif menghubungi suami. Oleh : Marsita Riandini

Setiap orang pasti memiliki cerita kehidupan di masa yang lalu, termasuk dengan mantan pacarnya. Tidak bisa dielakkan bahwa hampir kebanyakan orang memiliki mantan pacar. Hanya saja persoalannya apakah hubungan itu tinggal sebuah kenangan, atau terus berlanjut meski salah satu atau keduanya sudah berumah tangga. Baik itu mantan pacar suami, ataupun istri merupakan orang yang pernah hadir, dekat dan pernah mengisi hari-hari dari pasangan.

Sebenarnya ketika suami masih tetap menjalin  hubungan baik dengan mantan, bukan sebuah masalah asalkan hubungan yang dijalani masih dalam batas kewajaran. Demikian yang disampaikan oleh Dra. Fauziah, M.Pd kepada For Her. “Selama mereka tidak menunjukkan sikap bertentangan dengan komitmen pernikahan, dan si mantan tidak berniat bahkan menunjukkan upaya untuk merusak kembali komitmen masing-masing yang memang telah memutuskan untuk berpisah, maka itu tak masalah,” jelas konselor keluarga ini.

Tak bisa dielakkan, kata dia kemungkinan sang suami kembali menjalin komunikasi dengan mantan. Bisa saja karena memang mereka berteman sejak lama, ataupun rekan kerja di kantor yang sama. “Secara psikologis, kehadiran mantan pacar memberikan pengaruh terhadap rumah tangga. Apalagi jika mereka terpisah tanpa alasan yang jelas,” ungkapnya.

Namun, jika ternyata mantan pacar menunjukkan upaya untuk menggoda sang suami, tentu persoalannya lain lagi. Motivasi mantan ini juga beragam, salah satunya agar suami Anda kembali menjalin hubungan dengannya. “Yang namanya menggoda, stigmanya sudah pasti negatif. Ini jelas tidak baik pada kehidupan rumah tangga,” jelasnya. Jika dihadapkan pada situasi tersebut, segeralah komunikasikan dengan suami. Beritahu suami bahwa Anda tidak nyaman dengan kondisi seperti itu.

Namun Fauziah mengingatkan agar istri jangan lekas memarahi suami. “Mintalah penjelasan baik-baik kepada suami, kenapa mantan pacarnya  kembali mengusik. Termasuk bila dia mengirimkan SMS, ataupun lainnya,” sarannya.

Lebih lanjut kata dia, jika suatu persoalan dikomunikasikan dengan baik, maka istri atau suami merasa saling dihargai. “Kalau keduanya sama-sama saling menghargai peran satu sama lain, maka permasalahan yang terjadi bisa diselesaikan dengan baik,” tambahnya. Seringkali, rasa cemburu membuat istri menjadi emosi. Bukannya menyelesaikan masalah, malah membuat suami merasa dituduh. “Kebanyakan kalau lagi marah, istri langsung main tuduh saja dengan suami. Suami pun lalu emosi, sebab dituduh selingkuh,” papar kandidat doktor di Universitas Malang ini.

Akibatnya, konflik pun semakin berkepanjangan. Padahal inilah yang semakin menambah peluang si mantan yang menggoda itu untuk lebih dalam masuk ke hubungan rumah tangga Anda. Disinilah peran suami sangat penting untuk menjaga keharmonisan keluarga. Sekuat apapun mantan pacar menggoda, jika suami memiliki ketegasan untuk menghindar dari godaan tersebut, maka perselingkuhan itu tidak akan terjadi. “ Suami harus bisa menjelaskan dengan baik kondisi sebenarnya. Tak hanya kepada istri tetapi juga kepada mantan. Jelaskan kehidupan yang dijalani seperti apa. Katakan kepada sang mantan pacar untuk berhenti menggoda,” tuturnya.

Jika ternyata mantan pacar suami terus saja menggoda, sarankan suami untuk segera menghindar. “Sekarang ini ada beragam cara orang untuk menjalin keakraban, terutama dengan banyaknya sosial media yang berkembang,” pungkas Fauziah mengingatkan. **  

 

Berita Terkait