Streetwear Pilihan Design

Streetwear Pilihan Design

  Senin, 26 December 2016 09:15
KAOS: Ozzy dan produk dari clothing line-nya, Jacobs Apparel. T-shirt dengan design strretwear menjadi pilihannya dalam berbisnis.

Berita Terkait

Ozzy Januari Cristy

Owner Jacobs Apparel

CLOTHING line di dunia fashion emang bukan hal yang baru. Menjadi tren sejak tahun 2000-an, siapa mengira hingga kini usaha clothing line tetap terlihat menjanjikan. Apalagi kebutuhan anak muda akan dunia fashion, tentunya dengan konsep new design semakin banyak. So, nggak heran jika kehadiran clothing line membuat siapa pun ingin mengambil peluang usaha ini. Termasuk Ozzy Januari Cristy, owner Jacobs Apparel.

Ketertarikannya akan dunia design dan fashion udah dirasakan Ozzy sejak duduk di bangku SMA. Tak khayal jika setelah lulus pada tahun 2012, ia pun langsung merantau ke Bandung. Mengingat waktu itu, Bandung menjadi role model dunia clothing. Bahkan, kurang lebih selama satu tahun pertama di Bandung, Ozzy sempat bekerja di salah satu konveksi (jasa pembuatan pakaian). “Kebetulan aku juga sambil belajar management bisnis di @YoungEnterpreneurAcademy. Dari sinilah aku tahu sedikit banyaknya tentang ilmu dunia clothing dan bisnis,” ujar alumni Young Entrepreneur Academy ini. Pengalaman inilah yang akhirnya menjadi bekal Ozzy dalam merintis usaha cloting line.

Nama Jacobs pun ia pilih sebagai brand clothing line-nya. Dan kini usahanya itu terus mengalami perkembangan di dunia fashion, khususnya Pontianak. Untuk pusat produksi Jacobs sendiri masih berdomisili di Bandung. Meski banyak kota-kota lain di Jawa yang usaha clothing line-nya berkembang. Tetap saja bahan baku dan biaya produksi di Bandung jauh lebih murah menurut Ozzy.

Hingga kini ada beberapa clothing line yang Ozzy pegang dan masing-masing sesuai dengan target pasar. Salah satunya ‘Jacobs Apparel’. Untuk clothing line satu ini, Ozzy selalu memproduksi per dua bulan sekali. Ataupun satu bulan sekali untuk barang-barang dan artikel design yang cepat habis di pasaran (repeat order). “Jacobs mengambil design dengan tema streetwear yang semua kalangan bisa pakai. Tentunya dengan design yang simple,” kata Ozzy semangat. Satu lagi, harga Jacobs juga standar untuk clothing di Indonesia. Bahkan banyak promo yang diberikan, lho! Seperti free ongkir seluruh Indonesia, buy 2 get 1 free dan diskon 50% all item.

Pangsa pasar yang menjadi target Ozzy pun lebih pada anak muda (teenager), mulai dari umur 16-22 tahun. Demi hasil clothing yang maksimal, Ozzy pun selalu mencari referensi dalam menentukan design. “Jacobs nggak hanya berkiblat pada satu clothing-an, tapi ada yang di luar maupun dalam negeri. Untuk saat ini Jacobs juga masih dipasarkan di Indonesia, khususnya daerah Kalimantan dan Sulawesi,” curhat cowok yang hobi jalan-jalan dan nonton festival ini. Meski nggak ada ciri khas yang signifikan, Ozzy selalu berusaha meningkatkan value dari produksi Jacobs, seperti promo-promo atau service yang bagus.

Nah, buat kamu yang ingin terjun di usaha clothing line. Ozzy hanya berpesan untuk tetap konsisten dalam usaha, temukan taget pasar dan value dari produk yang akan dijual. “Jika udah berjalan, mulailah membentuk tim yang solid. Alhamdulillah Jacobs bisa hadir dan menemani anak muda Pontianak,” tambah cowok kelahiran 21 Januari 1994.

Satu lagi, Jacobs juga sedang melancarkan program #Teamjacobs. Dimana, semua orang bisa jadi teamjacobs, yah bisa dibilang semacam reseller. Mulai dari gimana cara promosi, jualan bahkan jualan via online. “Di sini semuanya kota ajarkan secara gratis. Ibaratnya aku juga mau bagi ilmu sewaktu belajar di @YoungEnterpreneurAcademy. So, yang mau join bisa contact di @jacobsapparel dan @ozzyjanuary,” tutupnya. (ghe)

 

Berita Terkait