Stop Penambahan PAUD

Stop Penambahan PAUD

  Selasa, 24 May 2016 09:30
PAUD: Beberapa anak usia dini sedang mengikuti lomba yang dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Sambas

Berita Terkait

SAMBAS – Penambahan jumlah Taman Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk sementara ini dihentikan terlebih dahulu. Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas melalui seksi yang membidangi akan melakukan pendataan dalam rangka pembinaan ke depannya.

Kepala Seksi PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas, Normansyah mengatakan sekarang ini. Di Sambas sudah melebihi apa yang ditargetkan oleh Pemerintah Pusat, satu Desa satu PAUD. Sementara yang terjadi di kabupaten ini, hampir satu dusun lebih dari satu PAUD.

“Kita ini melebihi apa yang ditargetkan pemerintah pusat, yakni satu desa satu PAUD,” kata Normansyah, Senin (23/6) kepada wartawan.

Menurutnya, dari data saat ini. Ada sebanyak 386 taman PAUD dari 194 desa yang ada. Artinya, disesuaikan dengan jumlah anak, keberadaan PAUD sekarang sudah mencukupi. “Kalau dikatakan mencukupi, memang masih (mencukupi),” katanya. Dari jumlah yang ada, terdapat 1.012 orang tenaga pengajar.

"Dihentikannya sementara penambahan PAUD. Akan dilakukan pendataan, dalam rangka pembinaan ke depannya. Termasuk kepada para tenaga pengajar yang ada," katanya.

Disebutkannya, dari jumlah taman PAUD yang ada. Dibagi atas kelompok umur. Dimana untuk Pendidikan layanan TK untuk kelompok anak antara  -6 tahun. Kelompok bermain untuk anak berusia 3-5 tahun, ada juga Taman Penitipan Anak (TPA) untuk 3-4 Tahun dan PAUD sejenis yang ada di posyandu untuk anak usia 2-3 tahun.

Ketika ditanya mengenai musim penerimaan anak peserta PAUD. Normansyah mengatakan akan dilaksanakan antara Juni hingga Juli tahun ini. Hanya saja, itu tidak serta merta di Bidangnya bisa mengatur. Namun itu sepenuhnya diserahkan ke lembaga atau yayasan pengelola PAUD.

“Sekarang memang sudah banyak PAUD yang membuka penerimaan peserta PAUD. Dan itu tidak dilarang, karena menjadi kewenangan dari yayasan atau lembaga masing-masing,” katanya. Sementara dari Dinas Pendidikan sendiri, sampai dengan saat ini belum mengeluarkan petunjuk teknis pelaksanaan penerimaan siswa PAUD.

Apakah termasuk besaran biaya uang pendaftaran PAUD?. Normansyah pun mengatakan iya. “Besaran biaya pendaftaran memang diserahkan kepada pihak PAUD atau yayasannya masing-masing. Kita tidak bisa mengatur atau membatasi, termasuk PAUD Negeri,” katanya.(fah)

Berita Terkait