Stoke City 2 vs Man United 0, P45 Sudah di Depan Mata

Stoke City 2 vs Man United 0, P45 Sudah di Depan Mata

  Minggu, 27 December 2015 13:37
AFP PHOTO

Berita Terkait

STOKE-ON-TRENT – Poster besar yang digambar sama persis dengan bentuk formulir P45 diusung salah satu fans Stoke City. Formulir pemecatan itu dialamatkan bagi Louis van Gaal. Karena, dengan kekalahan tadi malam semakin mendekatkan Van Gaal ke jurang pemecatan.

Van Gaal gagal memberikan kemenangan pada laga yang bisa menentukan masa depannya di Old Trafford. United terkapar di Britannia Stadium, Stoke-on-Trent dengan dua gol tanpa balas. Gol Bojan Krkic pada menit ke-19 dan Marko Arnautovic berselang tujuh menit kemudian yang menghukum Van Gaal.

Ini kekalahan kedua dari 20 pertandingan United terakhir saat boxing day. Selain itu, ini menjadi kekalahan keempat Setan Merah sepanjang Premier League musim 2015-2016 ini. Kekalahan ketiga beruntun ini juga menandai Desember yang tidak ceria untuk United.

Bahkan, rekor hanya 1 imbang dan tiga kalah di bulan Desember ini lebih buruk dibandingkan era David Moyes. Musim 2013-2014 silam, Moyes masih bisa memberikan empat kemenangan bagi United dari tujuh laga bulan Desember. ’’Dan besok pagi kamu akan dipecat,’’ ejek fans Stoke kepada Van Gaal, dikutip dari Daily Star.

Makanya, tidak salah apabila fans Stoke yang membawa poster P45 Van Gaal itu menuliskan 26 Desember sebagai tanggal pemecatan The Iron Tulip – julukan Van Gaal. Fans itu juga mengenakan topeng Jose Mourinho, pelatih yang digadang-gadang mengisi kursi Van Gaal sebentar lagi.

’’Kekalahan keempat ini sekarang semakin menyulitkan kami,’’ ujar Van Gaal dalam pernyataannya setelah pertandingan. Kalau United memberi dua kesempatan bagi Van Gaal, maka laga menjamu Chelsea di Old Trafford pada Selasa pekan depan (29/12) akan jadi penentunya.

Dilansir dari Express, Van Gaal masih tenang menyikapi kabar pemecatannya dan rumor Mourinho atau Josep Guardiola sebagai penggantinya kelak. Menurutnya, situasi yang dialami Mourinho bersama Chelsea sepuluh hari lalu tidak akan sama seperti masa depannya di United.

’’Pesan saya kepada media, jangan pernah mengabarkan apa yang terjadi di klub ini tanpa ada konfirmasi sama sekali,’’ sarannya. ’’Dengarkan saya, (antara Mourinho dan dirinya) ini berbeda situasinya. Lihat saja apa yang akan terjadi,’’ lanjut pelatih yang berkebangsaan Belanda itu.

The Independent menyebut, Memphis Depay menjadi subyek kemarahan Van Gaal di ruang ganti. Dua gol Stoke berawal dari kesalahannya. Pertama karena back pass header-nya yang lemah sehingga diserobot Bojan. Lalu untuk gol kedua, Memphis gagal menutup ruang tembak Arnautovic.

’’Itu adalah diving header terburuk yang pernah saya lihat,’’ sebut legenda United Dwight Yorke, kepada Sky Sports. ’’Sungguh sukar dipercaya, saya melihat dengan mata kepala saya sendiri United bermain seperti tim yang sudah kehilangan motivasi,’’ lanjutnya.

 Itulah yang membuat Van Gaal menggantinya dengan Rooney pada babak kedua. Dengan memainkan Rooney sebagai centre forward, lalu menggeser Anthony Martial ke kiri tetap tidak ada perubahan. Dominasi lima kali shots pada babak kedua sama sekali tidak mengubah hasil akhir. (ren)

Berita Terkait