Stok Hewan Kurban Aman

Stok Hewan Kurban Aman

  Jumat, 12 Agustus 2016 09:18
SAPI KURBAN: Persiapan menjelang Idul Adha. Menjaga pasokan hewan ternak seperti sapi dan kambing untuk kurban. ISTIMEWA

Berita Terkait

SAMBAS – Stok kebutuhan sapi dan kambing menghadapi Hari Raya Idul Adha 1437 H/2016 (kurban) di Kabupaten Sambas, diperkirakan cukup. Hal ini berdasarkan pemantauan ke peternak-peternak di kabupaten ini. Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Sambas, Makbullah mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan peternak sapi yang ada.

Diantaranya menyatakan sapi tersedia. Namun sampai saat ini belum ada orang atau warga yang akan membeli sapi mereka.

"Sampai saat ini, peternak mengaku belum ada rencana orang yang akan berkurban di hari raya, pesan sapi mereka," kata Makbullah. Artinya, dari peternak sapi sendiri telah menyiapkan sapi.

"Para peternak sudah menyiapkan sapi, diantaranya telah membeli bakalan sapi untuk dipersiapkan menghadapi Idul Adha," katanya. Diakui Makbullah, di tahun sebelumnya. Ada sekitar seribuan sapi yang dipotong di Kabupaten Sambas saat Idul Adha.

Untuk tahun ini, diperkirakan jumlahnya bisa lebih ataupun malah berkurang dari jumlah tersebut.

"Biasanya sih seribuan sapi. Tapi kita belum tahun berapa untuk Idul Adha tahun ini," katanya. Dimungkinkan, permintaan sapi akan terlihat pertengahan hingga akhir Agustus mendatang. Karena sesuai kalender Hari Raya Idul Adha jatuh pada 12 September mendatang. Namun dirinya mengaku, dengan adanya tradisi arisan sapi kurban di masyarakat.  Jumlah sapi yang dikurbankan tak jauh beda dengan tahun lalu.

"Kalau turun pun tidak terlalu signifikan. Tapi insyaallah stok sapi di Sambas, mencukupi," katanya.

Sesuai dengan apa yang dilakukan sebelum pelaksanaan kurban. Petugasnya, akan disebar untuk melakukan pemeriksaan terhadap hewan yang akan dikurbankan.

Pihaknya juga meminta, kepada pengurus masjid bisa memberikan informasi ke pihaknya, jika ada hewan kurban dipotong. (fah)

Berita Terkait