STKIP Singkawang Luluskan 177 Wisudawan

STKIP Singkawang Luluskan 177 Wisudawan

  Rabu, 31 Agustus 2016 10:08

Berita Terkait

STKIP SINGKAWANG melaksanakan wisuda ke-2 pada Selasa, 30 Agustus 2016. Lulusan yang dikukuhkan pada wisuda ke-2 tahun 2016 ini sebanyak 177 wisudawan. Terdiri dari program studi Pendidikan Matematika 46 orang, Pendidikan Fisika 21 orang, Bimbingan Konseling 9 orang, dan Pendidikan Bahasadan Sastra Indonesia 101 orang.

 
Hal tersebut disampaikan Andi Mursidi, Ketua STKIP Singkawang, dalam laporan kinerja tri dharma perguruan tinggi dan kemahasiswaan STKIP Singkawang pada wisuda ke-2.

Dosen tetap STKIP Singkawang berjumlah 50 orang, 30 orang sudah memiliki NIDN (rasion dosen NIDN 1:38,8), sehingga status dosenya diakui oleh pemerintah dan ada 20 orang dosen tetap yang sedang studi lanjut ke jenjang Magister (S2), apabila jumlah ini dimasukan dalam penghitung rasio maka rasio dosen dan mahasiswa akan menjadi 50:1.163 = 1:29.

Pada wisuda pertama tahun 2015 dengan jumlah wisudawan sebanyak 80 orang IPK tertinggi ada di prodi Pendidikan Fisika, yaitu 3,99. Lulusan tercepat dengan masa studi tiga tahun delapan bulan. Wisuda ke-2 tahun 2016 yang mewisuda 177 orang, IPK tertinggi di prodi Bimbingan Konseling, yaitu 3,94 dengan masa studi tercepat tiga tahun enam bulan.

Pada STKIP Singkawang kegiatan atmosfer akademik sudah berkembang sampai level internasional. Hal tersebut ditandai oleh tampilnya dosen dan mahasiswa STKIP Singkawang menjadi pembicara seminar internasional. Beberapa publikasi ilmiah dosen juga sudah mampu menembus jurnal ilmiah internasional yang terindek Ebsco dan Proguest.

“Kegiatan penunjang untuk memberikan wawasan akademik dan praktis secara rutin dan berkelanjutan kami gelar Education Forum satu tahun minimal 12 kegiatan dengan mengundang pembicara tamu,” ujarnya.

Pada Agustus 2016, STKIP Singkawang mengirimkan empat dosen menjadi pembicara seminar Internasional di Denpasar, Bali.  Dua dosen Pendidikan Fisika menjadi pembicara di forum International Conference on Physics and Its Applications (ICOPIA 2016). Dua dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menjadi pembicara dalam Kongres Internasional Masyarakat Linguistik Indonesia 2016.

Tahun 2015/2016 terdapat sembilan publikasi dalam prosiding nasional dan 10 publikasi di prosiding internasional, serta 42 publikasi dosen dalam jurnal ilmiah nasional. Buku yang dihasilkan dosen sebanyak tiga judul dan satu dosen mendapat pengakuan HAKI dari Kemenkumham.

Kegiatan kemirtaan dan perolehan beasiswa juga meningkat dari tahun 2014/2015. Tahun 2015/2017 sudah terjalin 18 kerja sama nasional dan dua kerja sama interaasional. Beasiswa yang tersedia di STKIP Singkawang berupa beasiswa PPA, BBM, Pemkot Singkawang, Yayasan Bumi Khatulistiwa dan Yayasan Universitas Singkawang, total terdapat 104 orang penerima beasiswa.

Prestasi mahasiswa juga menunjukkan kenaikan yang signifikan, terdapat 20 orang yang menjadi pembicara seminar nasional dan satu orang menjadi pembicara di tingkat internasional. Dua tahun berturut-turut STKIP Singkawang berhasil menempatkan mahasiswanya untuk menjadi wakil peserta Olimpiade Nasional-MIPA (Bidang Ilmu Fisika) bersaing di tingkat nasional mewakili PTS di Pulau Kalimantan.

PKM Kewirausahaan berhasil mendapatkan enam paket dan lima artiket pada PKM Gagasan tertulis. Prestasi yang berhasil diraih oleh mahasiswa lainnya adalah Duta Genre Kota Singkawang ke Tingkat Provinsi, Duta Lingkungan Hidup Kota Singkawang, Pemenang tiga Karya Tulis Ilmiah, Pemenang Penulis Cerita Pendek Tingkat Nasional.

“Ucapan terima kasih dan penghargaan kami sampaikan juga kepada Wali Kota Singkawang, Koordinator Kopertis Wilayah XI, Yayasan Universitas Singkawang, para dosen, tenaga kependidikan, dan seluruh civitas akademik STKIP Singkawang atas kerja sama yang baik selama ini. Kepada wisudawan atas nama STKIP Singkawang kami sampaikan ucapan selamat atas keberhasilan saudara,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait