Sosialisasi Peraturan tentang Desa

Sosialisasi Peraturan tentang Desa

  Selasa, 14 November 2017 10:00
SOSIALISASI: Asisten I Setda Kayong Utara Syarif Muzahar saat membuka Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan tentang Desa se-Kabupaten Kayong Utara di aula pertemua Hotel Mahkota Kayong, Senin (13/11). HUMAS FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

Selenggarakan Pemerintahan yang Baik

SUKADANA – Salah satu tujuan diberlakukanya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa adalah untuk mempercepat proses pembangunan dan pemberdayaan di tingkat desa. Oleh karena itu, sejak diberlakukannya undang-undang tersebut, maka pemerintah desa diberikan kewenangan yang lebih luas untuk mengatur dan memanfaatkan segala sumber daya yang ada di desa. Hal tersebut disampaikan Asisten I Setda Kayong Utara Syarif Muzahar, saat menyampaikan sambutan tertulis Bupati pada acara Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan tentang Desa se-Kabupaten Kayong Utara tahun 2017, di Aula Pertemua Hotel Mahkota Kayong, Senin (13/11).

Ia menambahkan, selain itu pemerintah desa juga mendapat bantuan keuangan yang sangat besar, baik itu dari pemerintah kabupaten maupun dari pemerintah pusat. Untuk itu, dia berharap agar para kepala desa dengan dibantu oleh seluruh perangkat desa dan anggota Badan Permusyawaratan Desa, dapat menyelenggarakan pemerintahan yang baik dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Berdasarkan hasil monitoring bidang pemerintahan desa terhadap penerapan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa di wilayah Kabupaten Kayong Utara, sejauh ini masih ditemukan beberapa kekurangan-kekurangan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Adapun salah satu yang menjadi penyebabnya adalah karena aparatur pemerintahan desa belum sepenuhnya memahami peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang desa. Oleh karena itu, pada hari ini diselenggarakan sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang desa,” jelasnya di hadapan para peserta yang hadir pada sosialisasi tersebut.

Pada kesempatan itu, dirinya memberikan penekanan kepada seluruh kepala desa dan perangkat desa, agar setelah mengikuti kegiatan tersebut dapat memperhatikan beberapa hal. Hal-hal yang dimaksud dia di antaranya  dapat melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, sesuai dengan fungsi dan tugas yang telah diatur berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam mengelola anggaran pendapatan dan belanja desa, diingatkan dia agar mereka mengikuti seluruh prosedur serta mekanisme yang telah ditetapkan. Sehingga, kata dia, dalam pelaksanaannya bisa berjalan dengan efektif, transparan, serta dapat dipertanggungjawabkan secara baik dan benar, sesuai ketentuan peraturan yang berlaku. “Selanjutnya yang perlu diperhatikan, bila dikemudian hari menemukan kesulitan dalam melaksanakan fungsi, tugas, dan tanggung jawab, Saudara dapat berkonsultasi atau meminta bantuan pelayanan dengan pihak kecamatan ataupun dengan OPD terkait,” pesannya. (dan)

Berita Terkait