Solusi Bagi Rodriguez

Solusi Bagi Rodriguez

  Kamis, 4 Agustus 2016 10:51

Berita Terkait

MADRID – James dan Jese sama-sama memiliki nama belakang sama, Rodriguez. Kebetulan, nasib keduanya sama. Berada dalam ketidakpastian masa depan bersama Real Madrid. Nah, Real pun langsung memberikan solusi kepada keduanya.Hanya, solusi yang diberikan Real kepada Jese terbilang menyakitkan. Sebab, penyerang 23 tahun itu dipersilahkan untuk angkat kaki dari Santiago Bernabeu. Indikasinya, Real dan Paris Saint-Germain setuju dengan harga pembelian EUR 25 juta (Rp 368,33 miliar dengan kurs EUR 1= Rp 14.733).

Jese pun menjadi lulusan La Fabrica, sebutan akademi Real, termahal yang pernah dijual oleh rival sekota Atletico Madrid. Menggusur nama Alvaro Morata ketika dilepas ke Juventus EUR 22 juta (Rp 324,21 miliar) sebelum dibeli kembali musim panas ini.Sebuah keputusan yang tidak hanya memukul Jese. Namun juga Los Blancos, sebutan Real. Sebab, Jese adalah seorang canterano atau lulusan dari Akademi Real Madrid.

Menambah panjang daftar canterano yang harus tergusur dari tim ibukota Spanyol tersebut setelah musim lalu kiper legendaris Iker Casillas hijrah ke Porto dengan status bebas transfer setelah menghabiskan 16 tahun dalam karir profesionalnya.    Sejatinya, performa Jese tidak jelek-jelek amat. Musim lalu, dia membukukan 38 pertandingan, mencetak enam gol serta enam assist di semua ajang.

Namun, apa daya, jika tidak dijual, masa depan Jese juga bakal makin suram di Real. Di lini depan, Real sudah memiliki pakem terhadap trio BBC (Gareth Bale, Karim Benzema, Cristiano Ronaldo).Meski tergolong versatile, baik sebagai penyerang tengah maupun winger, Jese tetap harus bersaing ketat dengan beberapa nama. Jika posisi flank kosong karena Bale ataupun Ronaldo mengalami kendala, entrenador Zinedine Zidane bisa memilih antara Lucas Vazquez maupun Isco.

Dalam konferensi pers sebelum melawan Bayern Muenchen kemarin (3/8), Zidane mengatakan bahwa dia sedih harus melepas mutiara masa depan Los Merengues, julukan lain Real, ke luar.”Namun, PSG adalah klub hebat. Aku harap dia bisa berkembang disana,” kata Zidane seperti dilansir ESPN. Hal yang sama juga disuarakan oleh Jese. Dia mengatakan membutuhkan banyak menit bermain demi menjaga posisinya di timnas Spanyol, terutama pada fase kualifikasi Piala Dunia Rusia 2018 zona Eropa.

”Jadi, aku tidak ingin kehilangan kereta,” cetus Jese pendek. Lebih lanjut, Zidane mengatakan meski nantinya Jese bakal berkostum Les Parisien, julukan PSG, dia bakal kembali lagi ke Real. Dalam pandangan arsitek 44 tahun itu, Real adalah rumah bagi Jese.

”Aku rasa satu musim bakal menjadi waktu yang cukup baginya,” papar Zidane. Disisi lain, Real masih memberikan kesempatan kepada James untuk menunjukkan dia masih layak berkostum rival sekota Atletico Madrid itu.Sejak didatangkan dari AS Monaco 22 Juli 2014, playmaker timnas Kolombia itu telah mengoleksi 78 laga di seluruh kompetisi. Namun, musim lalu, James hanya 20 kali berstatus sebagai starter.

”Dia memiliki talenta. Jadi, aku tidak ingin dia pergi,” kata Zidane kepada AS. ”Yang perlu dia lakukan adalah memberikan 100 persen kemampuannya. Baru setelah itu aku bakal mengambil keputusan,” lanjutnya.

Senada dengan sang pelatih, James menegaskan bahwa dia siap untuk bertarung memperebutkan posisi reguler kepada Modric dan Kroos. Tekad yang membuatnya menolak tawaran Manchester United dibawah kendali Jose Mourinho yang menjadikannya target rekrutan utama sebelum beralih kepada bintang Juventus Paul Pogba.

Padahal, raksasa Premier League itu mengajukan tawaran yang begitu menggiurkan, EUR 85 juta (Rp 1,25 triliun). ”Adalah mimpiku bermain disini disini (Real),” kata James dikutip Marca. ”Karena itu, aku akan berjuang. Aku yakin bakal sukses disini,” tuturnya.

Zidane mungkin bisa membesarkan hati James. Namun, faktanya adalah mereka memang belum mendapat pemain yang sama berposisi sebagai playmaker seperti James. Itu setelah pemain incaran mereka, Marco Verratti, memutuskan untuk memperpanjang masa depannya di PSG.

Senin kemarin (1/8), Verratti menekan perpanjangan kontrak berdurasi lima musim setelah kontrak awalnya habis sehari setelahnya (2/8). Pilar timnas Italia itu bakal berada di Paris hingga 2021.Kepada Le Parisien, Verratti mengungkapkan dia begitu tersanjung dengan minat besar yang ditujukan oleh Real.(apu)

Berita Terkait