SMK Negeri 1 Pemangkat Jadi Rujukan Kemaritiman Nasional

SMK Negeri 1 Pemangkat Jadi Rujukan Kemaritiman Nasional

  Sabtu, 21 May 2016 09:22

Berita Terkait

SAMBAS- Warga Kabupaten Sambas patut berbangga, SMK Negeri 1 Pemangkat dinobatkan menjadi sekolah rujukan kemaritiman nasional. Kebanggaan tersebut juga diungkapkan Wakil Bupati Sambas, Dr Pabali Musa MAG.

 “Ditunjuknya SMK N 1 Pemangkat sebagai sekolah rujukan kemaritiman nasional, adalah sebuah kebanggaan,” kata Dr Pabali Musa MAG, saat meresmikan SMK Negeri 1 Pemangkat menjadi Sekolah Rujukan Kemaritiman Nasional, Kamis (19/5).

Selain itu, Pabali juga menganggap ini merupakan salah satu kado kepemimpinannya bersama Bupati Sambas, dr Hj Juliarti Djuhardi Alwi MPH. Terlebih, sebutnya, dasar surat penunjukkan tersebut tertanggal 3 November 2015. Kebetulan, sama dengan tanggal lahir Wakil Bupati Sambas.

“Tentunya ini adalah kebanggaan bagi kepemimpinan saya selaku Wakil Bupati Sambas mendampingi Bupati Sambas,” katanya.

Adanya penunjukan ini, Pabali Musa berharap SMK Negeri 1 Pemangkat harus mampu menjadi contoh bagi kegiatan proses belajar mengajar maupun kegiatan pemberdayaan masyarakat dibidang kemaritiman, khususnya di Kabupaten Sambas.

Kepada para siswa, pinta Pabali, terus meningkatkan budaya keilmuan, budaya kerja dan budaya akhlak ke arah positif dan produktif. “Kata kuncinya, harus bisa mengimplementasikan prinsip dasar kehidupan. Pertama, kita harus tau lebih banyak dari orang lain, kedua kita harus bekerja lebih keras dari orang lain, ketiga memiliki sifat pamrih paling sedikit dan lebih taat dari pada sebelumnya,” katanya.

SMK Negeri 1 Pemangkat, diantaranya telah melahirkan tenaga kerja yang di gunakan perusahaan kemaritiman internasional. Seperti diakui Sofian, salah satu orang tua dari alumni siswa SMK N 1 Pemangkat.

Anaknya, sebutnya, adalah Alumni SMKN 1 Pemangkat atas nama Ananda Sofika lulusan tahun ajaran 2014-2015 yang telah bekerja di Perusahaan Kemaritiman di Negeri Panama.

Kepala SMK Negeri 1 Pemangkat, Jamiad SPd mengatakan penunjukan tersebut berdasarkan SMK Rujukan Kemaritiman Nasional, sesuai Surat Keputusan dari Direktorat Pembinaan SMK nomor 6627/D5.4/KU/2015 tanggal 3 November 2015. Sifat bantuan terkait Rujukan Kemaritiman Nasional itu jelasnya swakelola.

“SMK Negeri 1 Pemangkat menerima bantuan pengembangan SMK Rujukan Kemaritiman dari Direktorat Pembinaan SMK,” katanya.

Hal I ni merupakan upaya membangun SMK yang memiliki sarana yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Dan itu sesuai amanah dari UU yang berlaku. “Secara spesifik pembangunan dari bantuan tersebut dimaksudkan memenuhi kebutuhan sarana sesuai dengan tuntutan kebutuhan sekolah,” katanya.(fah)

Berita Terkait