SMAN 3 Pontianak Songsong Usia Setengah Abad

SMAN 3 Pontianak Songsong Usia Setengah Abad

  Minggu, 13 March 2016 08:44
PARA ALUMNI: Forum Komunikasi Ikatan Alumni Smantagama SMA Negeri 3 Pontianak, diabadikan bersama saat menghadiri peresmian gedung baru eks sekolah mereka, Sabtu (12/3). MIFTAH/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Forum Komunikasi Ikatan Alumni SMA Negeri 3 Pontianak akan mengadakan acara ulang tahun ke-50 SMA Negeri 3 Pontianak, Februari 2017 mendatang. Rencananya, acara akan dihelat di Gedung PCC Pontianak.

MIFTAHUL KHAIR, Pontianak

KETUA umum FKIA Smantagama, Trisna Ibrahim, mengungkapkan mengenai rencana besar mereka tersebut. Pada saat itu mereka akan melibatkan pihak guru, komite sekolah, dan juga alumni. Demi menyukseskan acara, pihaknya berusaha mengumpulkan ide dari para alumni, untuk menciptakan konsep acara yang dihelat Februari tahun depan.

Hubungan antara alumni dan sekolah yang terbilang sangat baik membuat dirinya optimistis, acara tersebut akan dapat berjalan sukses. Dia sangat mengapresiasi pihak sekolah yang sangat terbuka dengan rencana alumni mendekatkan diri dengan almamaternya.

“Saya juga sangat berterima kasih kepada Ibu Fatmawati, kepala sekolah saat ini, yang telah menyambut niat baik kami,” ucapnya ditemui di acara peresmian SMA Negeri 3, Sabtu (12/3).

Melihat respons positif dari pihak sekolah dan alumni, dia pun berharap agar pada perayaan ulang tahun SMA Negeri 3 ke-50 mendatang, akan lebih besar dari acara-acara sebelumnya. Melalui FKIA ia mengajak para alumni di luar sana, untuk bergabung dan ikut menyukseskan acara itu.

Alumni sementara ini sudah menyiapkan tempat. Gedung PCC sudah di-booking. Tempat yang paling cocok untuk acara sebesar ini, diakui dia, hanya di PCC, seperti 5 tahun lalu. Dia mengharapkan acara kali ini dibuat semeriah mungkin, karena menyongsong ulang tahun mereka yang ke setengah abad.

Setali tiga uang, kepala SMA Negeri 3 Pontianak, Fatmawati, ternyata juga mencita-citakan hal serupa. Dia juga menginginkan acara yang besar. Dia sempat bertemu dengan beberapa alumni pada ulang tahun ke-49 lalu. Pada ulang tahun yang ke-50 pun akan dibentuk panitia dari guru, panitia komite dan panitia dari alumni. “Karena setengah abad, ingin buat acara yang besar. Jika bisa mendatangkan artis besar, akan membutuhkan bantuan alumni,” terangnya.

Dia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada alumni atas kedatangannya untuk menyukseskan acara kemarin.

Pembina FKIA Smantagama, Hermansyah, mengungkapkan bahwa suatu lembaga atau institusi, khususnya pendidikan memiliki hubungan baik dengan para alumni. “Contohnya di UI, ikatan alumninya sangat luar biasa. Ini bisa menjadi contoh dari perguruan tinggi,” ujarnya.

Tentunya di tingkat sekolah, diakui dia, juga merupakan sebuah keniscayaan. Dia mengungkapkan, hubungan alumni dengan lembaga tidak bisa dipisahkan. Dalam rangka membesarkan lembaga, peran alumni merupakan suatu keharusan.

Hubungan emosional yang tidak bisa dipisahkan ini, kata dia, dapat dilihat dari banyaknya ucapan selamat berbentuk karangan bunga dari para alumni. Para alumni juga sepakat untuk hadir dalam acara peresmian gedung baru di sekolah mereka kali ini. Dengan atasan serba putih dan pin bertuliskan FKIA Smantagama, mereka memenuhi kursi tamu undangan.

Sekretaris umum FKIA, Indra Juwita, mengakui, lantaran sehubungan dengan acara peresmian hari itu, para alumni hanya memiliki persiapan beberapa hari. Para alumni ini, diceritakan dia, menerima begitu saja ajakan untuk hadir dalam acara peresmian. Mereka juga diberikan ketentuan, di mana hanya diberikan 100 kursi bagi mereka. “Dan ternyata yang ingin ikut melebihi kuota, jadi tidak bisa hadir semua,” ungkapnya.

Sebelumnya dia mengatakan, tiap angkatan memang sering mengadakan acara kumpul-kumpul. Lalu tercetuslah ide untuk membuat sebuah wadah yang merangkul para alumni ini. Akhirnya, pada Februari 2011 lalu terbentuklah ikatan alumni SMAN 3 Pontianak bernama FKIA Smantagama.

Lebih lanjut, dia berencana akan membuat aplikasi android dari FKIA Smantagama. Ide ini sedang dalam proses penyempurnaan, sehingga yang ada di luar negeri pun bisa tergabung. “Nantinya juga akan dibentuk database alumni,” terangnya. (*)

 

 

Berita Terkait