SMAN 1 Sambas Jadi Sekolah Rujukan

SMAN 1 Sambas Jadi Sekolah Rujukan

  Selasa, 11 Oktober 2016 08:36

Berita Terkait

SAMBAS- Sosialisasi Program SMA Rujukan SMA Negeri 1 Sambas tahun 2016 berlangsung sukses, Senin (10/10). Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati, Kepala Dinas Pendidikan, Dewan Pendidikan, komite sekolah, komisi D DPRD Kabupaten Sambas, para kepala Sekolah SMA serta undangan.

Wakil Bupati Sambas, Hj Hairiah SH MH mengatakan SMA Negeri 1 Sambas yang terpilih sebagai sekolah rujukan. Harus benar-benar menunaikan amanah itu, sebagai sekolah yang menjadi acuan teladan bagi sekolah-sekolah lainnya.

“Kita sangat mengapresiasi dengan terpilihnya SMAN 1 ini sebagai sekolah rujukan bagi sekolah-sekolah lainnya. Dan tentunya dengan demikian diharapkan bisa memberi semacam teladan bagi sekolah-sekolah lainnya,” katanya.

SMA Negeri 1 Sambas, juga diminta mengimplementasikan sebagai teladan bagi sekolah lainnya di kabupaten Sambas, bukan hanya dibidang prestasi akademik saja, tapi berbagai bidang lainnya. “Termasuk dalam hal pendidikan moral yang sejalan dengan visi bupati kita, Sambas hebat berakhlakul karimah,” katanya. Setelah terpilih, sebutnya, SMAN 1 Sambas ini terus berinovasi, meningkatkan kualitas pendidikan moral dan akademik sumber daya manusia daerah Kabupaten Sambas.

Ketua Panitia, Sri Rahayu SPd mengatakan bahwa kegiatan program SMA rujukan ini dimulai Juli 2016 dan berakhir pada Desember 2016. Artinya terpilihnya SMAN 1 Sambas sebagai sekolah rujukan melalui proses yang panjang .

“SMAN 1 Sambas merupakan salah satu dari 614 SMA di Indonesia yang menerima bantuan dana Pemerintah sekolah rujukan, diharapkan mampu mengembangkan penyelenggraan pendidikan bermutu yang memenuhi standar nasional, melakukan inovasi dan berprestasi baik dibidang akademik maupun non-akademik,” katanya.

Kepala SMAN 1 Sambas, H Edi Kiswar SPd mengaku tidak bisa menyembunyikan rasa bahagia dan terimakasihnya kepada semua pihak, yang begitu besar memberikan dukungan atas terpilihnya SMAN 1 Sambas. “Tentunya saya sangat berharap, ini menjadi momen yang baik untuk lebih meningkatkan kualitas sekolah kita. Walaupun nantinya program ini berakhir, kita akan terus  mempertahankan apa yang telah kita raih

saat ini, bahkan akan berbuat lebih baik lagi,” katanya.

SMAN 1 Sambas akan terus berbenah. Sehingga ke depannya terus diperhitungkan sebagai sekolah berstandar nasional, yang berkonsentrasi menyelenggarakan pendidikan sumber daya manusia berbasis mutu, moral, dan keilmuan.

Disebutkannya, tujuan diadakannya program SMA rujukan ini adalah untuk mendorong sekolah meningkatkan mutu pemenuhan standar nasional pendidikan, mengembangkan praktik-praktik terbaik penyelenggaraan pendidikan yang dapat dirujuk oleh sekolah lain, memperluas dan mempercepat ketersediaan pelayanan yang bermutu tinggi, kemudian

membangun sinergi pembinaan sekolah bermutu dengan Pemerintah daerah, dan yang terakhir diharapkan terjalinnya kemitraan dengan berbagai pihak dalam mengembangkan sekolah.

Kabid SMA/ SMK Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas, Drs Jumadi Asri MH banyak memaparkan bagaimana kronologis dan syarat-syarat pengajuan sekolah-sekolah SMA yang layak sebagai sekolah rujukan, sehingga terpilihnya SMA Negeri 1 Sambas sebagai sekolah rujukan. (ser/ozy)

Berita Terkait