SMA GB Wakili Kalbar di CFO

SMA GB Wakili Kalbar di CFO

  Rabu, 6 April 2016 09:08
FOTO BERSAMA: Winny, Natasia, dan Meylia foto bersama piala bergilir Kompetisi Kimia, piala bergilir ke-4 yang diraih SMA Katolik Gembala Baik. FOTO IST

Berita Terkait

SETELAH melalui perjalanan melelahkan, Natasia (XI MIPA) berhasil meraih Juara I Kompetisi Kimia (Chemistry Competition) tingkat provinsi Kalimantan Barat 2016 yang digelar Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia (Himdika) FKIP Untan, 2 April lalu. Natasia bakal mewakili Kalbar pada Chemistry Final Olympiad (CFO) tingkat nasional di Departemen Kimia, Universitas Indonesia (UI) pada 30 April-3 Mei 2016.

Ia mengikuti jejak kakak tingkatnya, Alexander Fernando (XII MIPA Plus) yang berhak mewakili Kalbar pada CFO 2016 setelah sebelumnya meraih Juara I Lomba Bidang Studi Kimia Kalbar. CFO digelar Ikatan Himpunan Mahasiswa Kimia Indonesia (Ikahimki). CFO diikuti seluruh Juara I Lomba Kimia yang digelar Himki pada tiap provinsi se-Indonesia.

Winny Kurniawan SSi MSi, guru pembimbing Natasia menjelaskan, kompetisi kimia tahunan tersebut diawali seleksi tingkat kabupaten/kota yang diikuti 265 siswa SMA sederajat dari 8 kabupaten dan 2 kota pada 13 Februari 2016. Seleksi daerah mengambil 10 siswa terbaik dari tiap kabupaten/kota untuk masuk seleksi tingkat provinsi. Seleksi di Kota Pontianak, menempatkan Natasia dan Meylia (XI MIPA) pada rangking 1 dan 3.

Ditemui disekolahnya, Natasia menceritakan, pada sesi pertama seleksi tingkat provinsi, mereka mengerjakan 50 soal pilihan ganda. Pada sesi kedua, 40 peserta terbaik dari sesi pertama dihadapkan dengan 30 soal Olimpiade Kimia. “Sesi ketiga, kami 18 peserta terbaik mengikuti Cepat Tepat yang dibagi dalam tiga grup, dengan 6 peserta pada setiap grup,” ujar putri Ng Fuk Liu dan Liau Ten Fi ini.

Meylia menambahkan, pada sesi keempat, tinggal enam peserta terbaik yang melakukan presentasi hasil pengamatan praktikum kimia. “Kami menjawab pernyataan lisan dan tertulis dari dewan juri. Kebetulan, saya dan Natasia sampai sesi keempat,” kata putri Fudin dan Siat Ngo ini.

Babak final tersebut menempatkan Natasia pada rangking 1 dan Meylia pada rangking 5. Melalui prestasi tersebut, SMA Katolik Gembala Baik berhak raih piala bergilir Gubernur Kalbar. “2016 ini, tahun keempat, berturut-turut siswa/i SMA Gembala Baik juarai Kompetisi Kimia Himdika FKIP Untan,” timpal Winny, guru kimia kelahiran Singkawang itu.

Natasia merasa lega, rasa percaya dirinya pun kembali menyala. Di mana sebelumnya ia kecewa dengan hasil seleksi Olimpiade Sains bidang kimia tingkat kota. Cita-citanya untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) harus kandas di tingkat kota, meskipun ia melakukan persiapan sangat matang. “Sempat kecewa dan tak percaya diri dengan hasil seleksi kemarin. Tapi berkat motivasi dari suster kepala sekolah dan guru-guru, saya kembali bangkit dan mempersiapkan final Kompetisi Kimia ini. Hasil OSN kemarin menjadi cambuk bagi saya untuk lebih baik lagi” katanya.

Ditemui setelah ujian nasional hari kedua, Kepala SMA GB Lusianna Br Tarigan SPd mengungkapkan, kebahagiannya atas prestasi yang dicapai anak didiknya “Ini adalah piala bergilir keempat yang dipersembahkan siswa-siswi kami dalam satu bulan terakhir. Terima kasih kepada guru pembimbing dan orangtua yang telah memungkinkan prestasi-prestasi ini dicapai. Semoga karakter disiplin, kerja keras, jujur, sportif, dan sifat ilmiah yang ditanamkan melalui berbagai lomba semakin terpatri dalam hati anak-anak kami ” pungkas suster kelahiran Kabanjahe ini. (d1/ser)

Berita Terkait