SMA GB Juara Umum LKTI - LBSK

SMA GB Juara Umum LKTI - LBSK

  Kamis, 25 February 2016 08:43
FOTO BERSAMA: Para siswa dan guru pembimbing KIR SMA GB foto bersama usai meraih Juara Umum LKTI – LBSK 2016. IST

Berita Terkait

SETELAH melalui beberapa tahapan seleksi, akhirnya di babak final pada 19-20 Februari 2016, Kelompok Ilmiah Remaja SMA Gembala Baik (KIR SMA GB) kembali menjadi Juara Umum Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Lomba Bidang Studi Kimia (LBSK) tingkat Provinsi Kalimantan Barat. Perlombaan yang digelar Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKI) FMIPA Universitas Tanjungpura kali ini memasuki tahun ke-8, dan mengambil tema ‘Ilmu Sains untuk Negeriku’.

Melalui prestasi tersebut, KIR SMA GB berhasil mempertahankan Juara Umum empat tahun berturut-turut, yaitu 2013, 2014, 2015, dan 2016. Mulai tahun ini, LKTI dan LBSK memperebutkan piala bergilir Rektor Untan, di mana pada 2015, SMA GB berhak menyimpan piala bergilir Dekan FMIPA Untan, atas prestasi mempertahankan juara umum tiga tahun berturut-turut.

Tahun ini, Alexander Fernando (kelas XII MIPA Plus) meraih Juara I LBSK. Untuk LKTI, kelompok Alexander Fernando bersama Yessica Chelsea Horax dan Della Angelina (kelas X MIPA Plus) meraih Juara II. Kelompok Meigela Trinanda dan Chally Liadylova Putri (kelas XII MIPA Plus), serta Phoebe Anadita Rimba (kelas XI MIPA Plus) meraih Juara Harapan I. Akumulasi nilai dari dua cabang lomba ini, menempatkan SMA GB sebagai Juara Umum.

“Tahun 2016, LBSK diikuti sekitar 200 peserta dan LKTI diikuti sekitar 35 tim SMA/MA se-Kalbar. KIR SMA GB pada babak penyisihan berhasil meloloskan empat siswa pada LBSK dan empat tim LKTI ke babak final,” ungkap Winny Kurniawan SSi Msi, pembimbing KIR SMA GB.

Ditemui di sela-sela persiapan pra Ujian Sekolah dan Ujian Nasional (pra US / pra UN) bagi siswa kelas XII SMA GB, Lusianna Br Tarigan SPd, Kepala SMA GB menyampaikan, rasa bangganya atas prestasi KIR SMA GB dan klub bidang studi lainnya. Pada waktu yang hampir bersamaan, selain prestasi LKTI dan LBSK,  Tim Akuntansi  yang terdiri dari Veren Valentina, Desy Agustiana, dan Sherly Ansilla (kelas XII IPS) berhasil menyabet Juara III Lomba Akuntansi pada Accounting Days tahun ke-7 se-Kalbar yang digelar Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMASI) Fakultas Ekonomi Untan.

“Dua prestasi ini melengkapi prestasi pada Lomba Pidato Mandarin  yang dicapai pada minggu sebelumnya, yaitu Juara III (Michelle, kelas XII IPS) dan Harapan II (Jenniefer Ersilio, kelas XI MIPA Plus),” kata kepala sekolah yang akrab di sapa Suster Fransiska SFD ini.“Terima kasih kepada orangtua siswa yang telah mempercayakan putra-putrinya untuk dibina. Terima kasih kepada dewan guru yang telah mendorong dan membina para siswa, sehingga prestasi-prestasi  ini dapat dicapai,” tambahnya.Pencapaian prestasi SMA GB ini sejalan dengan motto sekolahnya, yaitu Tiada Hari Tanpa Prestasi. Proficiat. (d1)

Berita Terkait