Siswa SMP Santa Monika Berjaya di Balikpapan

Siswa SMP Santa Monika Berjaya di Balikpapan

  Jumat, 6 November 2015 09:24
BERSAMA: Alfonsius Berly bersama gurunya, Rudi K, Margaretha, dan Dionius Ondon.IST

PONTIANAK - Prestasi gemilang berhasil diraih Alfonsius Berly, siswa SMP Santa Monika Kubu Raya dalam Lomba Indonesia Math and Science Camp 2015 Tingkat Regional Tengah Bagi Siswa Cibi di SMP, yang dilaksanakan di Balikpapan pada 19 -23 Oktober 2015. Berly mewakili Kalimantan Barat dalam kompetisi tersebut.Sebelum berangkat ke Balikpapan, Alfonsius Berly juga sudah meraih juara I pada lomba Science Competition tingkat SMP/Sederajat se-kabupaten/kota Provinsi Kalimantan Barat, yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak pada 22 Agustus 2015.

Karena waktu perlombaan bersamaan dengan waktu keberangkatan ke Balikpapan, sehingga pihak sekolah, orangtua, dan siswa memutuskan memilih ke tingkat regional tengah se-Kalimantan di Balikpapan, dan tidak bertanding pada lomba  di FKIP Untan.Kepala SMP Santa Monika Margaretha mengaku bangga atas prestasi yang telah diraih oleh peserta didiknya. Alfonsius Berly yang berasal dari Kubu Raya, mewakili Provinsi Kalbar untuk regio tengah untuk mencari perwakilan regio tengah, untuk cabang matematika dan sains. Tingkat nasional dari regio tengah adalah Jawa Tengah sebanyak dua orang, Bali, Jawa Barat, Yogyakarta, Banten, Kalbar, dan Kaltim.

Untuk tingkat nasional terdiri dari 24 orang dari regio barat, regio timur, dan regio tengah, yang akan dilaksanakan sekitar 8 November 2015 di Yogyakarta. “Seluruh siswa, guru-guru, orangtua dan semua pihak di sekolah harus bisa berbangga hati dengan prestasi yang telah diraih ini. Semoga SMP Santa Monika nantinya bisa meraih prestasi yang membanggakan lagi di tingkat nasional,” ujar Margaretha.

Ia menambahkan,  “Tentu kami juga meminta doa restu dari semua pihak agar SMP Santa Monika bisa kembali mendapat juara di tingkat nasional mewakili regio tengah yang diwakili oleh Alfonsius Berly dari Kalimantan Barat, agar SMP Santa Monika tetap berjaya.”Sejauh ini Berly  sudah sangat kooperatif dalam berlatih. “Saya yakin ini anak-anak yang terbaik dan tentu akan berusaha semaksimal mungkin. Kami juga meminta restu khususnya dari warga Persekolahan Santa Monika agar bisa membawa nama baik Kalimantan (regio tengah) di tingkat nasional,” ujar Margaretha.

Wakil Kepala SMP Santa Monika Rudi K menambahkan, “Keberhasilan siswa kami ini membuktikan bahwa untuk berprestasi menjadi yang terbaik bukan ditentukan oleh mahalnya uang sekolah atau waktu kegiatan belajar mengajar tetapi lebih pada usaha dan doa, serta kerja keras secara terus menerus agar menjadi insan yang tetap berjaya.”Keberhasilan siswa-siswi belakangan ini tidak terlepas dari kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah yang dilaksanakan setiap hari Sabtu. “Ini dilakukan untuk mengembangkan bakat masing-masing siswa, yang didukung oleh guru, orangtua serta sarana dan prasarana yang memadai di sekolah,” ungkap Pembina OSIS SMP Santa Monika, Dionisius Ondon, kemarin. (mnk)