Sintang Hibah Tanah Ke Polda

Sintang Hibah Tanah Ke Polda

  Kamis, 14 September 2017 10:00
BERSAMA: Bupati Sintang, Jarot Winarno bersama Kapolda Kalbar, Irjen Pol Erwin Triwanto di markas Batalyon III Brimob di Sungai Tebelian Sintang, kemarin. SUTAMI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINTANG - Pemerintah Kabupaten Sintang menyerahkan hibah tanah seluas lima hektare ke Polda Kalbar.  Penandatangan hibah berlangsung di markas Batalyon III Brimob Polda Kalbar di Sungai Tebelian, Rabu (13/9) petang.

Hibah tanah diserahkan secara simbolis Bupati Sintang, Jarot Winarno kepada Kapolda Kalbar, Irjen Pol  Erwin Triwanto dengan disaksikan pejabat utama Polda dan unsur SKPD terkait. Sejumlah masyarakat turut hadir menyaksikan penandatangan hibah tanah tersebut.

Tanah yang diserahkan Pemkab lokasi berdirinya Batalyon III Brimob. Riwayat singkat keberadaan Brimob di Sintang disampaikan Dansat Brimob Polda Kalbar. Semula pada 2000-2003 kehadiran Brimob di Sintang sebagai pleton siaga. Kemudian pada 2010 menjadi BKO. Dan, sejak 2011 hingga 2017 menjadi batalyon III dengan kekuatan 40 personil.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan, Pemkab sangat terbantu dengan kehadiran Brimob di Sintang. Hubungan komunikasi terbangun dengan baik. Objek vital pembangunan pemerintah banyak terbangun di daerah Sungai Tebelian. Karena itu, keberadaan Brimob begitu dibutuhkan dalam membantu pengamanan.

Jarot merinci Sungai Tebelian lokasi dibangunnya Bandara Tebelian. Kemudian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Seluruh pembangunan tersebut merupakan objek vital karena menyangkut kepentingan masyarakat ramai.

Begitu pula dengan Sungai Tebelian merupakan kawasan investasi perkebunan. Dukungan keamanan dan kondusifnya daerah membutuhkan peran aparat keamanan. Kehadiran Brimob sangat membantu dan begitu dibutuhkan. Bahkan dipandang layak dinaikkan statusnya. “Mudahan kedepan bisa naik status menjadi Kompi C, dan menjadi SatBrimob bila Kapuas Raya terwujud,” kata Jarot.

Jarot menambahkan hibah lima hektar tanah merupakan tahap awal. Pemerintah terbentur aturan bila harus hibah melebihi lima hektar. Niat awal Pemkab adalah ingin sekaligus menyerahkan lahan 10 hektar ke Polda. Namun Jarot menjamin pemkab bakal kembali menghibah tanah di areal batalyon III Brimob jika memang dibutuhkan.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Erwin Triwanto mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sintang yang telah menghibahkan tanah ke Polda Kalbar. Mudahan kedepan tanah yang dihibahkan bisa terealisasi untuk genap menjadi 10 hektare. Usai penandatanganan hibah tanah, kapolda dan rombongan langsung beranjak menuju Melawi. (stm)

Berita Terkait