Singkawang Kembali Cari Pemimpin

Singkawang Kembali Cari Pemimpin

  Selasa, 29 March 2016 10:40
Malika Awang Ishak, Sumberanto Tjitra & Tjai Chui Mie

Berita Terkait

SINGKAWANG—Dua bulan ini menjadi jadwal sibuk partai-partai di Kota Singkawang. Mulai dari pembukaan penjaringan hingga penyaringan serta mendengarkan pemaparan visi dan misi bakal calon (balon) Walikota dan Wakil Walikota Singkawang.

Sejumlah nama publik figur, tokoh agama, politisi, pengusaha mewarnai, dan kalangan birokrasi mengisi daftar balon Walikota dan Wakil Walikota.

Ada Abdul Muthalib yang kini menjabat Wakil Walikota Singkawang, mantan Ketua DPRD Singkawang Tjai Chui Mie (PDI Perjuangan), Tambok Pardede (Demokrat), Sumberanto Tjitra (Nasdem), Suriandi (PPP), Lo Abidin, selain itu juga Adhi Karsidi, Andreas Chang, Malika yang juga istri dari Walikota Singkawang saat ini.  

Belum lagi jika memenuhi syarat, maka dua calon perseorangan bakal meramaikan Pilwako Singkawang tahun mendatag yakni balon pasangan perseorangan Ridha Wahyudi-Al Nizam dan Andi Syarif-Nurmansyah.

Ketua DPD Partai Nasdem Singkawang Sumberanto Tjitra mengatakan dirinya ikut mendaftar sebagai balon walikota Singkawang.

“Walaupun posisi saya sebagai ketua, saya tidak di istimewakan oleh partai. Jadi sama seperti semua kandidat yang melakukan pendaftaran," ujarnya.

Karena bagaimana, kata dia, lembaga survey ini nantinya akan memberikan gambaran sosok bakal calon yang mendaftar di Nasdem. Ia menyatakan, Partai Nasdem menginginkan seorang pemimpin yang memiliki misi memberantas korupsi, merakyat, konsisten akan visi misinya, jujur dan tegas.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat Kota Singkawang, Tambok Pardede juga siap maju sebagai Walikota, dimana dirinya juga sudah mendaftar di partai yang ia pimpin.

“Siaplah, karena memang sudah kesepakatan pengurus DPD Demokrat harus ada kader yang juga ikut maju sebagai balon walikota,” katanya. Secara hitungan angka jumlah kursi yang ada di DPRD Kota Singkawang PDI Perjuangan 6 Kursi, PKB 4 Kursi, Nasdem 3 Kursi, Demokrat 3 kursi, Gerindra 3 kursi, Golkar 2 Kursi, PKS 2 Kursi, PPP 2 Kursi, PKPI 2 Kursi Hanura 2 Kursi, PAN 1 Kursi. Sehingga hanya PDI Perjuangan yang mutlak bisa mengusung langsung pasangan calon Walikota dan Walikota Singkawang, sedangkan partai lain harus berkoalisi untuk mencukupi syarat 6 kursi untuk pengusungan calon. (har)

Berita Terkait