SIM Online Resmi Diluncurkan

SIM Online Resmi Diluncurkan

  Senin, 7 December 2015 10:06
Kapolda Kalimantan Barat, Brigjen Arief Sulistyanto

Berita Terkait

LAYANAN memperpanjang surat izin mengemudi (SIM) secara online resmi beroperasi. Peresmian sistem pelayanan tersebut dihadiri langsung Kapolda Kalimantan Barat, Brigjen Arief Sulistyanto di Stadion Sultan Syarif Abdurrahman (SSA), Minggu (6/12).

Dalam peresmian layanan SIM online tersebut, masyarakat yang hendak memperpanjang SIM dapat langsung dilayani. Sekadar untuk diketahui, peluncuran pelayanan SIM online tersebut serentak di 45 satuan pelaksana pelaksana (Satpas) di seluruh Indonesia.

Dengan adanya pelayanan SIM online tersebut, warga Kota Pontianak yang berada atau salah satu dari 45 Satpas, seperti Surabaya dan Jakarta, tidak perlu lagi harus pulang ke daerah asal untuk memperpanjang SIM. Perpanjangan dapat dilakukan di wilayah domisili sementara dengan catatan indentitas KTP masih sesuai dengan daerah asal.

Arief Sulistyanto berharap dengan adanya sistem online tersebut dapat memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat yang akan memperpanjang SIM. “Untuk membuat SIM tetap seperti biasa, namun saya minta agar diperketat artinya di tes dan harus melewati tahapan-tahapan agar benar-benar yang mengajukan permohonan layak mendapatkan SIM,” kata Arief.

Menurut Arief pemberian SIM kepada pemohon harus diseleksi dan harus lebih selektif. Hal itu perlu dilakukan agar mengurangi kecelakaan. “Saya tentu berharap masyarakat dapat memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini.. Ini pelayanan bagi warga yang memperpanjang SIM A maupun C. Di kalbar dilaksanakan proyeknya di Polresta Pontianak,” ucapnya.

Arif mengingatkan masyarakat jangan salah pengertian dengan layanan SIM online, seperti layanan online lainnya.  Layanan ini adalah untuk membantu pemohon perpanjangan SIM, yang berada daerah lain, sehingga tidak pulang lagi ke daerahnya.Sebelumnya, Kasubdit Min Regident Dit Lantas Polda Kalbar, Kompol Ferdiansyah, mengatakan, seluruh Indonesia ada 45 satuan pelaksana yang dapat melaksanakan pelayanan SIM online. “Dari 45 satuan pelaksana salah satunya di Polresta Pontianak,” kata, Ferdiansyah, Jumat, (4/12).

Ferdiansyah menuturkan dengan adanya pelayanan secara online tersebut tentunya akan memudahkan masyarakat untuk memperpanjang SIM. Sebagai contoh warga Pontianak yang berada di Surabaya tidak perlu kembali ke daerah asal untuk memperpanjang cukup di Surabaya karena datanya sudah sinkron. (adg)

 

Berita Terkait