Sikat Pelaku Galian C Kaliasin

Sikat Pelaku Galian C Kaliasin

  Sabtu, 5 December 2015 10:26
GALIAN C: Tokoh Masyarakat Kaliasin Wendy bersama Kapolres Kota Singkawang AKBP Agus Triatmaja berkomitmen akan menuntaskan galian c ilegal di Bukit Kaliasin. FOTO AIRIN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINGKAWANG--Sejumlah tokoh masyarakat bersepakat akan menuntaskan permasalahan galian C di Bukit Kaliasin, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan. Komitmen penutupan galian C ilegal tersebut ditanggapi oleh berbagai pihak masyarakat dan pemerintah daerah Kota Singkawang. Sehingga penambangan ilegal tanah kuning dan batu di Bukti Kaliasin akan dikenakan sanksi sesuai peraturan hukum yang berlaku.

 
"Kita sudah sepakat bersama pihak kepolisian akan menindak pelaku usaha ilegal galian C di Bukit Kaliasin. Jadi tidak diperbolehkan satu orang pun yang melakukan penambangan tanpa izin pihak terkait," ucap Tokoh Masyarakat Bukit Kaliasin Wendy, Jumat (4/12) kepada Pontianak Post.
Dia mengatakan sebenarnya galian C ilegal di Bukit Kaliasin tidak boleh kembali terjadi dilapangan. Seperti aktivitas galian tanah kuning dan batu harus di tutup resmi oleh pemerintah daerah dan penegak hukum terkait.Ia menuturkan penutupan galian C tersebut harus disampaikan langsung kepada pelaku usaha pertambangan ilegal. Dikarenakan masyarakat sudah menolak aktivitas pertambangan ilegal segera dihentikan.
"Jika galian C ilegal tidak diindahkan oleh pelaku usaha, maka pelaku usaha akan diringkus petugas kepolisian. Ini sudah kita sampaikan kepada Kapolres langsung sesuai dengan wilayah hukum daerah," terangnya dihadapan beberapa para tokoh masyarakat Kota Singkawang Selatan.Ketua RT 18/ RW04 Warga Padang Pasir Bukit Kaliasin Sau Fung meminta galian c di Bukit Kaliasin segera ditutup dan alat berat galian c Bukti Kaliasin segera dipindahkan.
"Ada beberapa eksavator masih belum dipindahkan. Jadi kami harap pihak penegak hukum mengamankan barang bukti galian C ilegal karena tidak memiliki izin usaha baik dari pemerintah daerah dan masyarakat setempat," imbuhnya.Kapolres Singkawang AKBP Agus Triatmaja,SH,SIK menyatakan belum lama ini masalah galian C ilegal Bukti Kaliasin akan ditindaklanjuti petugas keamanan dilapangan.
"Kita akan lihat masalah galian C  Kaliasin dilapangan. Jika ditemukan galian c tidak miliki izin. Pihaknya akan memberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku," pungkasnya saat didampingi Tokoh Masyarakat Kaliasin, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan. (irn)

Berita Terkait