Sikat Pasokan Narkoba di Perbatasan

Sikat Pasokan Narkoba di Perbatasan

  Jumat, 7 Oktober 2016 08:14

Berita Terkait

SAMBAS- Petugas di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kalimantan Bagian Barat Siap sikat penyelundupan narkoba. Hal ini menjadi tekad setelah mengikuti Workshop pengawasan Narkotika, Psikotropika dan Prekursor (NPP) di perbatasan yang dilaksanakan Kantor Bea Cukai Sintete.

Kepala Kantor Bea Cukai Sintete, Aris Sudarminto menyebutkan selama dua hari, yakni Rabu dan Kamis (5-6/10). Petugas Kantor Bea Cukai Sintete, Entikong, Jagoi Babang dan Nanga Badau mengikuti kegiatan yang merupakan amanah Rakerwil I Kanwil DJBC Kalbagbar untuk membentuk Customs Narkotic Team (CNT), sebagai upaya untuk lebih aktif dalam memberantas narkoba. Selain dengan meningkatkan sinergi dengan

instansi terkait.

 “Kegiatan diikuti 30 peserta dari anggota seksi penindakan dan penyelidikan (P2) seluruh kantor Bea Cukai di lingkungan DJBC Kalimantan Bagian Barat,” kata Aris Sudarminto, Kamis (6/10).

Seluruh peserta, mendapatkan materi dari narasumber yakni dari Polres Sambas dan BNN. Dalam materi yang disampaikan, diharapkan bisa memberikan pengetahuan dan deteksi serta penanganan kasus NPP sesuai kewenanangan yang diberikan UU. Yang bisa diaplikasikan selama menjalankan tugas nantinya.

Selain itu, peserta juga mendapatkan materi pengenalan struktur mobildari teknisi PT Toyota. Mengingat beberapa modus penyelundupan narkoba memanfaatkan ruang ruang yang ada pada kendaraan.

“Kita langsung hadirkan teknisi langsung, dengan harapan bisa memberikan gambaran ruang-ruang didalam mobil yang bisa saja dijadikan ruang untuk menyelundupkan narkoba,” katanya.

Di hari kedua, sebut Aris, seluruh peserta mengikuti praktik simulasi pengungkapan narkoba (dummy) yang disembunyikan dalam berbagai barang yang masuk melalui PPLB Aruk. “Kita juga laksanakan simulasi di pintu perbatasan di Aruk, setelah peserta mendapatkan materi di hari pertama,” katanya.

Menurutnya, seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan. Akan melengkapi kemampuan lain yang sudah dimiliki pegawai Bea Cukai. Seperti kemampuan bela diri dasar dan kemampuan penggunaan senjata api yang memang sangat diperlukan mengingat risiko dan medan tugas diperbatasan.

Kepala Bidang P2 Kanwil DJBC Kalbagbar, Tjartja Karja Adil pada saat pembukaan workshop juga menyampaikan urgensi kegiatan tersebut untuk menyamakan tingkat kewaspadaan terhadap peredaran narkoba dimanapun Kantor Bea Cukai berada.

 “Kita berharap hasil yang positif dalam kegiatan pengawasan diperbatasan sehingga lebih jeli menemukan narkoba yang coba diselundupkan melalui berbagai modus yang dipakai pelaku,” katanya. (fah)

 

 

 

 

Berita Terkait