Siapkan Masker

Siapkan Masker

  Sabtu, 20 Agustus 2016 09:33
Ilustrasi

Berita Terkait

KEPALA Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu Widiyono mengatakan, pihaknya telah menyiapkan logistik dan masker sebagai persiapan bila kabut asap semakin menebal. Menurut dia, meski kondisi udara belum masuk taraf mengkhawatirkan, ia minta Puskesmas dan rumah sakit sigap, cepat dan tanggap dalam memberi pelayanan.

 
“Kejadian kabut asap bukan kali ini, tapi hampir tiap tahun terjadi. Untuk pelayanan kita (Dinkes) sudah siapkan masker untuk dibagi ke masyarakat. Kita akan bagikan masker apabila kondisi udara tak sehat. Kalau saat ini kondisi udara masih taraf normal,” terangnya kepada Pontianak Post, Jumat pagi.   

Kalau jumlah peningkatan kasus ISPA di Pontianak, kata Sidiq, belum mendapat data secara pasti. Itu karena kondisi udara akibat kabut asap baru terjadi beberapa hari ini. Untuk jumlah meningkat tidaknya kasus ISPA bisa mungkin data pastinya minggu depan didapat.

Sidiq mengimbau, bagi ibu yang miliki bayi dan balita, usia lanjut, dan memiliki riwayat asma harus waspada dengan keadaan udara saat ini. Bagi ibu menyusui, asupan makanan harus diperhatikan. “Baiknya konsumsi makanan sehat dan perbanyak minum air putih,” terangnya.

Kalau data kasus ISPA tahun lalu, tak ada menunjukkan grafik meninggi di kecamatan atau kelurahan yang wilayahnya terjadi kebakaran. Menurutnya, jika kebakaran kejadiannya di Tenggara dan Utara, bisa saja asap ke wilayah lain.

“Kalau kebakarannya di Kubu Raya pun asapnya juga lari ke Pontianak. Makanya tak ada grafik tinggi rendahnya kasus ISPA di tiap puskesmas, semua sama rata,” terangnya.

Ketua Komisi D DPRD Kota Pontianak, Yuli Armansyah mengatakan, kejadian kebakaran lahan beberapa hari lalu mengakibatkan kabut asap kembali muncul terutama jika dilihat sore dan malam hari. “Saya pinta pembakar lahan diberi sanksi tegas,” terangnya.

Meski udara belum masuk taraf mengkhawatirkan, ia menyarankan bagi masyarakat memiliki riwayat asma kalau keluar hendaknya menggunakan masker. “Jika tak ada urusan penting ada baiknya jangan keluar di malam hari,” ucapnya.(iza)

Berita Terkait