Siap Jadi Grup Megahit

Siap Jadi Grup Megahit

  Sabtu, 2 April 2016 10:11
KUAT: Walau berstatus rookie, iKON sudah punya basis fans yang cukup kuat. NET

Berita Terkait

DEBUT iKON pada 15 September tahun lalu mendapat sambutan meriah. Walau berstatus rookie, grup naungan YG Entertainment itu sudah punya basis fans yang cukup kuat. Maklum, sebelum resmi debut, tujuh personelnya ’’ditempa’’ lewat survival show. Tidak tanggung-tanggung, mereka melewati dua kompetisi. Yakni, Who is Next: Win dan Mix & Match.

Selain melejitkan nama mereka, kompetisi tersebut mengasah skill setiap personel. Dalam setiap tantangan, mereka wajib mengaransemen ulang lagu, menyiapkan koreografi, hingga menciptakan lagu sendiri. Cara tersebut jelas sangat keras. Mengingat, sebelum tergabung dalam show, mereka berstatus trainee di manajemen Big Bang serta 2NE1 tersebut.

’’Saya tidak ingin grup yang hanya sukses di tangga lagu dan jadi nomor satu. Persaingan di industri musik sangat ketat dan bisa sangat jahat,’’ papar Yang Hyun-suk, CEO sekaligus founder label YG Entertainment. ’’Saya ingin grup yang bisa jadi megahit,’’ tambahnya.

Dalam kompetisi pertama Who is Next? atau WIN, iKON masih berupa tim B. Tim tersebut beranggota B.I., Jinhwan, Bobby, Yunhyeong, Junhoe, dan Donghyuk. Dalam kompetisi tersebut, mereka melawan lima anggota tim A yang notabene sama-sama berstatus trainee. Sayang, mereka masih kalah dari rival.
Momen pascakalah justru jadi yang terberat. ’’Setelah WIN, kami dalam krisis. Kami semua cemas bakal terpisah satu sama lain,’’ ungkap Donghyuk sebagaimana dikutip Haru Hana.

Mereka kembali diuji lewat survival show lain, Mix & Match. PR besar kembali menyambut mereka. Pihak talent management menambah tiga nama baru. Yakni, Jinhyung, Chanwoo, dan Hongseok. Peraturannya, tiga anggota tim B ¬–Yunhyeong, Junhoe, dan Donghyuk¬– dan tiga nama baru itu harus bersaing memperebutkan empat tempat.
’’Kami tidak tahu harus ngomong apa lagi. WIN sudah cukup keras dan kami harus berkompetisi lagi,’’ papar B.I., leader iKON.

Dari acara tersebut, muncul tujuh nama personel iKON. Mereka terdiri atas enam anggota tim B plus Chanwoo. ’’Itu (Mix & Match, Red) adalah waktu yang cukup sebentar. Tapi, rasanya senang sekali bisa tampil satu panggung dengan member lainnya,’’ ucap Chanwoo, maknae (anggota termuda) iKON.
Tujuh personel itu mengawali perjalanan sebagai iKON dengan video ’’pemanasan’’ My Type, disusul enam video lainnya. Debut mereka mendapat sambutan hangat iKONIC, sebutan fans iKON. Album perdana mereka, Welcome Back, sukses merajai chart.

Mereka semakin diakui sebagai yang terbaik setelah memenangkan lima piala Artis Pendatang Baru Terbaik 2015 versi lima ajang penghargaan besar Korea. Di Tiongkok, mereka juga dinobatkan sebagai Grup Pendatang Baru Terbaik 2015 versi QQ Music Awards dan Netease Attitude Awards.

Tidak hanya berhenti di album, iKON langsung ’’tancap gas’’ dengan iKONCERT 2016: Showtime Tour. Show tersebut diawali pada 3 Oktober 2015 di Seoul, Korea Selatan. Rangkaian tur tersebut terdiri atas total 21 panggung –14 di Jepang, 5 di Korea Selatan, serta masing-masing satu di Hongkong dan Taiwan.
’’Ini kesempatan besar kami buat bertemu dan berterima kasih kepada fans. Jadi, let’s get high together!’’ ujar Bobby dalam salah satu konser mereka. (Haru Hana/Highend Korea/fam/c5/jan)

Berita Terkait