Siap Bersaing Meski Sekolah Seumur Jagung

Siap Bersaing Meski Sekolah Seumur Jagung

  Jumat, 19 Agustus 2016 09:28
NASIONAL: Enam siswa MAN IC Sambas yang akan ikut ajang kompetisi sains Madrasah tingkat nasional. OZY/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sambas (MANICSA) baru dioperasikan di tahun ajaran 2016/2017. Namun sebuah kebanggaan, Madrasah yang baru seumur jagung ini berhasil memenangi kompetisi sains Madrasah, dan kini ke tingkat nasional.

FAHROZY- Sambas

Nuridzdzati Dzikrika (Matematika), Muhammad Hariski (Fisika), Muhammad Fikri Nugraha (Kimia), Zahlah Ninanda (Biologi), Rizki Ramadhan (Geografi) dan Minarsih (Ekonomi), siswa MAN IC Sambas yang akan mengikuti ajang kompetisi Sains Madrasah tingkat nasional.

Berbagai persiapan telah dilakukan pihak Madrasah. Melalui bimbingan intensif dari masing-masing guru mata pelajaran, yakni Sutardi, S.Si,M.Sc membimbing untuk mata pelajaran Kimia dan Biologi, Rio Rikardo,S.Pd (mata pelajaran Fisika), Dedi. S, S.Pd (Geografi), Nyemas Nurul H, M.Pd (Matematika) dan Nurleni, S.Pd (Ekonomi). Ke enam siswa tersebut juga mengikuti pemusatan latihan dari 7 hingga 18 Agustus di

Kampus MANICSA.

Kepala MAN IC Sambas, Mursidin,M.Ag mengatakan madrasah yang baru beroperasi tahun ajaran 2016/2017 ini. Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sambas (MANICSA), sudah mengikuti ajang bergengsi yakni Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional yang akan berlangsung pada 22 hingga 27 Agustus 2016 di Pontianak.

“Dalam ajang KSM, enam siswa kita akan mengikutinya.

Setelah mengikuti pemusatan latihan di Kampus MAN IC. Selanjutnya akan bergabung dengan kontingen lain se Kalimantan Barat pada 20 hingga 22 Agustus di Pontianak. Kemudian mengikuti kegiatan inti pada 23 hingga 27 Agustus 2016,” kata Mursidin.

Diharapkan, berbagai upaya persiapan yang dilakukan. Mampu mempersiapkan enam siswa tersebut untuk bersaing dengan perwakilan dari seluruh provinsi se Indonesia. “Dilaksanakan pemusatan latihan tersebut diharapkan akan mampu bersaing dengan peserta dari Provinsi lain se Indonesia,” katanya.

MANICSA merupakan salah satu dari 17 MAN IC yang ada di Indonesia. Di Provinsi Kalimantan Barat terletak di Kabupaten Sambas. Diharapkan kehadiran madrasah ini, dapat mewujudkan sesuai visi yakni mencetak sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketakwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, dan mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan masyarakat.

Diharapkan dengan visi tersebut MANICSA mampu untuk menyiapkan lulusan berkarakter kader pemimpin masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai daya juang yang tinggi, dan memiliki landasan iman dan takwa yang kuat, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan profesional pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan perkembangan dunia pendidik, sebagai madrasah model (center ofexcellence) dalam pengembangan pengajaran ilmu pengetahuan dan teknologi dan sebagai madrasah aliyah berstandar internasional.

Sistem pendidikan dan pembelajaran di Kampus MANICSA memadukan tiga ranah pendidikan yaitu sistem pendidikan umum dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pendidikan Agama dan keagamaan dari Kementerian Agama dan madrasah berasrama mengadopsi pendidikan di pesantren. Ketiga sistem inilah yang diharapkan mampu mencetak lulusan sesuai dengan visi dan misi diatas. (*)

Berita Terkait