Siap Bangun Sekolah Dasar

Siap Bangun Sekolah Dasar

  Jumat, 8 April 2016 09:17
LAHAN: Pemilik tanah Muri (56) bersedia membebaskan lahan. Ia menujukan lahan miliknya 1,5 hektar guna di bangun sekolah dasar di Dusun Belatek, Desa Lesabela, Kabupaten Bengkayang. AIRIN//PONTIANAK POST

Berita Terkait

BENGKAYANG--Sejumlah tokoh masyarakat meminta pemerintah daerah serius menanggapi pembangunan sekolah dasar di Dusun Balatek, Desa Lesabela, Kecamatan Ledo, Kabupaten Bengkayang. Dikarenakan sudah ada warga setempat yang rela membebaskan lahan miliknya untuk pembangunan Sekolah Dasar Negeri 19 Semayas tersebut. Pemilik lahan perihatin terhadap dunia pendidikan. Anak-anak harus berjalan kali sejauh enam kilometer dari tempat tinggal menuju sekolah dasar di pusat Kecamatan Ledo, Kabupaten Bengkayang. ''Kami sudah sediakan lahan untuk bangunan sekolah dasar. Tinggal pemerintah daerah terkait melakukan pembebasan lahan,'' ucap tokoh masyarakat Dusun Belatek Jakaria (46), Kamis (7/4) kepada media ini.

Dia mengatakan lahan untuk pembangunan sekolah dasar sudah dipersiapkan 1,5 hektar oleh masyarakat di RT05/RW02 Dusun Belatek, Desa Lesabela, Kecamatan Ledo, Kabupaten Bengkayang. Ia menuturkan apabila pemerintah daerah ingin melakukan pembebasan lahan diharapkan tokoh masyarakat juga dilibatkan. Supaya tidak terjadi kesalahan di kemudian hari dalam mengelola aset tanah milik pemerintah daerah di Kabupaten Bengkayang.

''Saat ini pemilik lahan sudah setuju tanah di beli Pemda guna pembangunan sekolah dasar. Tinggal pemerintah terkait melakukan negosiasi dengan pemilik lahan,'' imbuhnya bersama pemilik tanah saat menujukan lahan untuk pembangunan sekolah.

Guru Honor SDN 19 Semayas Juliadi (31) menambahkan terkait izin operasional pendidikan sekolah dasar masih aktif dan terdata di pemerintah pusat. Hanya fasilitas pendukung belum memadai karena anak-anak masih meminjam kantor Posyandu untuk kegiatan belajar.

''Kita ada 9 murid tahun ajaran baru. Sedangkan guru yang mengajar dua orang. Satu guru honor sekolah yakni saya sendiri. Sedangkan satu orang lagi guru pegawai negeri dan dipercaya sebagai Plt Kepala SDN 19 Semayas,'' tambah ayah dua anak tersebut bersama tokoh masyarakat.

Di temui Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang Dr. Yan mengakui, pihaknya sudah mengetahui tentang kondisi Sekolah Dasar Negeri 19 Semayas di Dusun Belatek, Desa Lesabela, Kecamatan Ledo, Kabupaten Bengkayang.

''Kami sudah merencanakan pembangunan sekolah dasar. Jika tidak terjadi perubahan anggaran tahun ini pembangunan sekolah tersebut bisa terlaksana dengan baik,'' tegasnya di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang Jalan Trans Rangkang. (irn)

Berita Terkait