Show Them What We Stand For

Show Them What We Stand For

  Kamis, 29 Oktober 2015 09:13

Berita Terkait

KEMBALINYA sutradara ternama Steven Spielberg dengan menggandeng Tom Hanks dalam film terbaru, Bridge of Spies, ternyata berbuah manis. Dalam film tersebut, Hanks bermain sebagai James B. Donovan, seorang pengacara asuransi asal Amerika Serikat yang bertugas menangani seorang mata-mata Uni Soviet, Rudolf Ivanovich Abel (Mark Rylance). Dengan mengambil latar belakang Perang Dingin pada akhir 1950, Bridge of Spies berhasil meraih rating tinggi di Rotten Tomatoes dan disertifikasi Fresh sebesar 93 persen.

Keputusan untuk menerima tugas sebagai pengacara Abel ternyata membuat keluarga Donovan berada dalam bahaya. Sebab, banyak warga Amerika yang tak setuju atas tindakannya. Keluarga Donovan pun mendapat banyak teror hingga kecaman media massa. Bahkan, putranya, Roger, meragukan keputusan sang ayah. Namun, Donovan menjelaskan dengan tegas bahwa semua warga yang tinggal di Amerika berhak memperoleh perlakuan adil.Tetapi, pada 1960, Uni Soviet menjatuhkan pesawat U-2 dan menahan pilot Francis Powers (Austin Stowell). Di sisi lain, seorang mahasiswa Amerika, Frederic Pryor (Will Rogers), ditangkap Jerman karena dianggap mata-ma ta. Donovan melakukan banyak negosiasi untuk menyelamatkan keduanya. Dengan alur progresif, Spielberg menggabungkan tiga sisi cerita itu tanpa membingungkan penonton.

Meski mengangkat sejarah penting Amerika, Spielberg tetap menyelipkan humor berkelas agar filmnya tak monoton. Misalnya, candaan verbal asisten Donovan dan gerak nonverbal tokoh lain. Selain itu, sisi emosional Donovan digambarkan Spielberg melalui take yang dipadu akting Hanks yang apik. Tak heran, banyak kritikus yang menggadang-gadang film tersebut masuk nominasi Oscar.

Bukan hanya itu, film berdurasi 2 jam 15 menit tersebut juga sarat pesan moral. Misalnya, sikap Donovan yang selalu adil meski kepada orang yang dianggap bersalah dan sipir penjara Amerika yang memperlakukan tahanan dengan baik. Ya, Abel yang dituduh sebagai mata-mata diberi alat melukis untuk bisa menjalankan hobi. Meski begitu, Abel membalasnya dengan perbuatan baik. Ternyata penggarapan film yang terasa sangat “dalam” itu dianggap cukup sulit oleh sang sutradara. Apalagi, sebelum menggarap Bridge of Spies, Spielberg banyak berkecimpung dengan film bertema E.T (extraterrestrial). “Sebelum membuat film ini, aku bahkan tak tahu siapa itu Gary Powers, James Donovan, dan Rudolf Abel.

Tapi, Matt Charman bercerita kepadaku tentang orangorang itu dan Perang Dingin,” ungkapnya pada FIUSM. Agar pesan yang ingin disampaikan lebih mengena kepada penonton, Spielberg lebih berkonsentrasi pada akting tokoh utama ketimbang property set yang mewah seperti film-film sebelumnya. (*/det)

 

BRIDGE OF SPIES

Pemain: Tom Hanks, Mark Rylance, Amy Ryan, Alan Alda Sutradara: Steven Spielberg

Produser: Steven Spielberg, Marc

Platt, Kristie Macosko Krieger

Skrip dan naskah: Matt Charman, Ethan Coen, Joel Coen

Musik: Thomas Newman

Sinematografer: Janusz Kaminski

Produksi: Touchstone Pictures, DreamWorks Pictures, Fox 2000 Pictures, Reliance Entertainment

Distributor: Walt Disney Studios, 20th Century Fox

Rilis: 4 Oktober 2015 (AS)

Durasi: 141 menit

Bujet: USD 40 juta

ACTION: Sutradara Steven Spielberg fokus pada akting sang aktor utama agar pesan filmnya tersampaikan dengan baik.

 

Berita Terkait