SHARP Tingkatkan Penjualan TV, Fokus Garap Pasar Dalam Negeri

SHARP Tingkatkan Penjualan TV, Fokus Garap Pasar Dalam Negeri

  Sabtu, 21 May 2016 08:49

PONTIANAK – PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) meresmikan pabrik LED TV terbarunya yang berlokasi di kawasan Karawang International Industrial City (KIIC), Karawang, Jawa Barat. Peresmian pabrik ini ditandai dengan penandatanganan batu prasasti oleh Saleh Husin selaku Menteri Perindustrian RI. Pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 11 ribu m2 dengan nilai investasi sebesar Rp 55 milyar ini dibangun khusus untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia akan LED TV yang permintaannya terus meningkat sebagai peralihan dari TV tabung.

Memulai konstruksinya sejak Maret 2015, pabrik ini menjadi satu-satunya pabrik TV SHARP di ASEAN yang berfokus untuk menggarap pasar domestik, dengan kapasitas produksi yang ditingkatkan sebesar dua kali lipat dari tahun 2015. Dengan beroperasinya pabrik LED TV SHARP baru ini, SEID mematok target untuk meningkatkan market share dari 13,4 persen menjadi 25 persen.

“Indonesia memegang peranan sangat besar terhadap bisnis SHARP secara global. Dengan kontribusi lebih dari 40 persen dari total sales SHARP di ASEAN, Indonesia menjadi pasar terbesar ketiga untuk produk SHARP di luar Jepang setelah Cina dan Amerika Serikat. Beroperasinya pabrik LED TV baru SHARP difokuskan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, adalah bukti betapa pentingnya Indonesia bagi SHARP,” ungkap Irie.

Di pabrik barunya ini, SHARP akan memproduksi 11 model LED TV yang fitur-fiturnya disesuaikan dengan kebutuhan maupun selera lokal Indonesia melalui riset yang dilakukan oleh tim khusus pengembangan produk SEID. Dengan penggunaan komponen lokal sebesar 30 persen, pabrik ini memproduksi LED TV dengan dua ukuran bentang layar, yaitu 32 inch sebanyak 70 persen dan sisanya 24 inch. Dalam mengoperasikan pabrik TV ini, SHARP menyerap sekitar 172 orang tenaga kerja lokal dan 1 orang tenaga kerja asing serta bekerja sama dengan 44 supplier lokal.

Pabrik SHARP di Karawang merupakan perluasan dari pabrik sebelumnya di kawasan Pulo Gadung, Jakarta, yang mulai dibangun pada tahun 2012 guna meningkatkan kapasitas produksi lemari es dan mesin cuci. Dengan diresmikannya pabrik LED TV SHARP ini, maka seluruh pabrik SEID telah terintegrasikan di Karawang. Kawasan pabrik SEID di Karawang seluas 31 hektar dengan investasi sebesar Rp 1,2 triliun ini menjadi pabrik home appliances terbesar di antara pabrik SHARP lainnya di seluruh dunia. (ars)