Setia Pada Rap, Garap Album Kedua

Setia Pada Rap, Garap Album Kedua

  Selasa, 24 November 2015 09:13

Sangat jarang ditemukan musik ala hip hop yang sukses mewarnai dunia musik di kota kita tercinta ini. Kebanyakan musik yang beredar di pasaran bergenre pop, jazz, rock dan dangdut. Namun hal itu tidak menjadi masalah bagi group rapper yang diberi nama Mr. Cheese Familia atau yang biasa disingkat MCF ini. Group yang terdiri dari 3 personel ini tetap teguh memainkan musik bergenre rap hip hop di Pontianak. Group rapper ini terdiri dari Bayu pada microphone, Chris pada microphone dan Chiko pada DJ.  

By: Diera Grandistasya

Asal mula terbentuk group ini adalah bermula dari kesukaan Chris pada musik hip hop sejak ia masih kecil  hingga akhirnya ia bertemu dengan Chiko yang juga menyukai musik sejenis. Keduanya memutuskan untuk bersama-sama membuat group rapper. Seiring berjalannya waktu abangnya Chris, Bayu, melihat mereka berdua sering performance tertarik bergabung hingga akhirnya mereka menjadi trio.

MCF percaya mereka akan diterima di masyarakat dengan gaya mereka sendiri tanpa harus merubah konsep. Dan memang usaha tak akan membohongi hasil. Terbukti musik hip hop yang mereka tawarkan justru menjadi atmosfer baru dalam dunia musik di Pontianak. Musik hip hop yang mereka bawa dapat diterima di masyarakat. Hal ini terbukti dari prestasi-prestasi yang mereka raih. Salah satunya mereka pernah mendapatkan gelar juara pertama pada perlombaan musik rap se-Kalbar yang diadakan oleh BKKBN pada tahun 2011.

Awalnya mereka nggak menyangka akan mendapat gelar juara pada perlombaan tersebut karena ketiganya kompak mengaku merasa grogi dan sempat mengalami demam panggung saat melihat persaingan yang cukup ketat. Namun dengan berbekal doa dan latihan sebelumnya mereka pun mencoba untuk tenang. Alhasil mereka membawa pulang piala dan gelar juara pertama. Tidak hanya itu, MCF juga pernah memenangkan beberapa event lain seperti mendapat juara 3 pada Helloween Day tahun 2012, juara 2 Anniversary Ninja Kawasaki tahun 2012 dan memperoleh juara 2 Rap se-Kalbar yang diadakan BKKBN pada tahun 2014.

Ketika ditanya mengenai siapa yang menginspirasi mereka, ketiganya mempunyai jawaban yang berbeda-beda. Untuk Chris sendiri lebih kepada Beatieboy, Bayu menjawab Run DMC dan Chiko memilih Onyx. Meskipun berbeda pendapat tapi pada dasarnya ketiga grup rap yang mereka pilih mengarah pada musik hiphop. Beberapa grup rap tersebut lah yang menginspirasi dan mempengaruhi pembuatan musik karya Mr. Cheese Familia.

Trio yang terbentuk pada tahun 2010 ini telah berhasil mengeluarkan mini album pertama mereka yang diberi nama “Story Of Life” pada tahun 2014. Dalam album tersebut terdapat 5 lagu yang menceritakan tentang anak-anak kota Pontianak dimana salah satu hits singlenya sendiri berjudul “Pontianak Kota Kita”. Sekarang ketiganya sedang sibuk membuat album kedua mereka yang bertajuk “Familia” yang akan dikeluarkan pada tahun depan. “Semoga saja album kedua kami bisa diterima di masyarakat seperti album Story Of Life,” ujar Chris.**