Serba Wow di Pembukaan Wonderful Indonesia Festival Bangkok

Serba Wow di Pembukaan Wonderful Indonesia Festival Bangkok

  Senin, 20 November 2017 10:15

Berita Terkait

BANGKOK – Indonesia mengerahkan kekuatan penuh saat tampil pada pembukaan Wonderful Indonesia Festival di One World Mall, Bangkok, Jumat (17/11) malam. Semua yang terbaik, terunik, terdahsyat, langsung ditampilkan. Sejumlah Duta Besar negara sahabat dibuat terpukau dengan sajian culture yang tak biasa. Begitu juga dengan masyarakat serta ekspatriat yang ada di Bangkok.

Di awal acara, tempat lalu lalangnya masyarakat Bangkok itu langsung dibuat terdiam dengan pemutaran video pariwisata Wonderful Indonesia: The Journey of a Wonderful World. Inilah video yang sukses mendapat dua gelar juara dunia di pada kompetisi video pariwisata dunia yang digelar UNWTO atau lembaga PBB yang bergerak di bidang pariwisata.

“Kita ajak semuanya membayangkan destinasi keren di Indonesia. Setelah itu, kita ajak semuanya liburan ke Indonesia,” terang Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Rizki Handayani Mustafa, Jumat (17/11).

Hasilnya? Selama 3 menit audience yang terdiri dari Duta Besar sejumlah negara sahabat, ekpatriat dan warga Bangkok kompak terdiam. Begitu juga Kapten Darsito  Hendroseputro, CEO Thai Lion dan pereakilan Thai Travel Agents Association. Semua dibuat takjub saat menyaksikan tayangan beragam keindahan destinasi pariwisata Nusantara seperti Yogyakarta, Bali, Lombok, Jakarta, Toraja, Raja Ampat, serta Wakatobi.

Konsep natural, cultural, modern, sensory atau makanan, dan adventure yang diangkat di video itu sukses membuat seluruh audience merinding. “Karya luar biasa itu ditonton oleh sejumlah Duta Besar negara sahabat. Dan endingnya seluruh audience memberikan applaus meriah terhadap tayangan video Wonderful Indonesia tadi,” tambahnya.

Setelah tayangan video kelas dunia, pbulik Bangkok kembali dibuat terpana dengan suguhan costum carnaval bak Rio de Janeiro. Tim Malang Amore Carnival yang diboyong Kemenpar langsung jadi pusat perhatian. Kostum karnaval bercorak Garuda dan Cenderawasih lengkap dengan mahkota di kepala mendapatkan banyak pujian dari pengunjung. Beberapa bahkan sampai rela antre untuk berselfie ria. 
"Kostumnya bagus sekali. Sangat unik," ujar Adul Chaiprasithikul, warga Bangkok.

"Sangat fantastis. Melihat kostum karnaval khas Indonesia tidak membuat saya bosan,"  sambung Pongsudhirak, warga Bangkok lainnya.

Soal kostum karnaval, Malang Amore memang salah satu juaranya. Beragam penghargaan dunia sudah sering diraih Malang Amore Carnival. Dari mulai award the best costume di Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam hingga Berlin, semuamya sudah berhasil disambar Malang Amore.

“Kami ingin membuktikan pada publik Bangkok bahwa kostum original kita bisa bersaing di level  global. Dan kebetulan Pak Menpar Arief Yahya itu sudah sering membawa Malang Amore itu ke berbagai travel mart, festival dan show di berbagai penjuru dunia,” ujar CEO Founder Malang Amore Carnival Yoseph Agus Kristian.

Duta Besar RI untuk Bangkok, Thailand Ahmad Rusdi dan Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar Vita Datau Messakh sampai ikutan angkat jempol. Keduanya mengaku salut dengan kreativitas yang ditampilkan di Wonderful Indonesia Festival Bangkok.

“Saya sangat senang acaranya heboh. Banyak diplomat negara sahabat yang memuji kreativitas ini. Semuanya bagus. Saya harap setelah ini kunjungan wisman dari Thailand meningkat tajam,” ucap Duta Besar RI untuk Bangkok, Thailand Ahmad Rusdi.

Potensi itu menurutnya masih sangat terbuka lebar. Di 2016 saja, kunjungan wisman ke Negeri Gajah Putih menembus 32,4 juta. “Itu data Survei Mastercard Index of Global Destination Cities. Kalau kita dapat 10 persennya saja sudah sangat bagus. Dan saya lihat trennya sedang menuju ke sana,” ungkapnya. 

Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar Vita Datau Messakh juga tak mau ketinggalan memberikan pujian. Baginya, Festival Wonderful Indonesia di Bangkok ini menampilkan konten yg sarat makna disajikan dengan narasi yang populer dan mudah dicerna. Dengan kualitas global, festival ini cukup menarik perhatian para pengunjung Central World Mall ini. Penyajiannya sangat kreatif. Seni budaya termasuk wayang, cerita rakyat, batik, tenun yg semuanya bermuara pada cerita destinasi. Apalagi dilengkapi dengan sistim digital layar sentuh di pusat informasi. Konsepnya sangat kuat,” ungkapnya. 

Dengan kemasan seperti tadi, Vita pun yakin publik Thailand bisa dibius untuk berwisata ke Indonesia. Destinasi andalan seperti Jakarta – Banten –Bandung, Jogjakarta – Solo – Semarang, Bali –Lombok serta Medan, jadi makin banyak diburu wisman dan ekspatriat yang ada di Thailand.

Riuhnya pembukaan Wonderful Indonesia Festival Bangkok juga direspon Menpar Arief Yahya. "Bagus. Tinggal menunggu impact-nya terhadap target kunjungan wisman asal Thailand ke Indonesia,” kata Menpar.

Menpar Arief pun berterima kasih pada Dubes RI di Bangkok dan sejumlah Dinas Pariwisata daerah yang telah bersama-sama mempersiapkan acara tahunan ini. “Terimakasih atas kerja keras semuanya menyiapkan lokasi ideal yang fun, simple dan bersahabat seperti Wonderful Indonesia Festival Bangkok. Salam Wonderful Indonesia,” ucapnya. (*)

Berita Terkait