Serahkan PKH Tahap Pertama dan Launching KKS

Serahkan PKH Tahap Pertama dan Launching KKS

  Selasa, 19 April 2016 11:18
KARTU KKS: Bupati Sanggau saat menyerahkan kartu KKS kepada warga di Kantor PT. Pos Indonesia di Sanggau pagi kemarin. (sugeng/pontianak post)

SANGGAU-Senin (18/4) kemarin dilaksanakan launching pendistribusian kartu keluarga sejahtera atau KKS di Kabupaten Sanggau. Acara juga dirangkai dengan pembayaran program keluarga harapan untuk tahap pertama tahun 2016.

“Semoga data yang digunakan valid dan sesuai, sehingga tepat sasaran. Nah untuk bantuan PKH ini hanya untuk pendidikan dan kesehatan jangan digunakan untuk hal lainnya, begitu dapat lalu berbondong-bondong ke pasar,” ujar Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengingatkan.
Program ini, kata dia, merupakan program pemerintah pusat dalam upaya strategi penanggunalangan kemiskinan. Di Kabupaten Sanggau sendiri nilai persentase kemiskinan sebesar empat persen dan merupakan nilai terendah. “Sebagai contoh, saya rasa tidak ada orang Sanggau yang tidak makan, namun yang menjadi masalah adalah di Sanggau sendiri adalah miskin infrastruktur sehingga mahal pada ongkos transportasi,” jelas orang nomor satu di Sanggau ini.
Menurutnya, kedepan harus ada standarisasi kemiskinan yang dapat diukur secara jelas sehingga tidak ada pertanyaan serta keraguan terhadap persentase yang didapatkan oleh setiap kabupaten di Kalimantan Barat ini.
Sekretaris Dinas Sosnakertrans Sanggau, Ade Sarbini menyampaikan bahwa PKH telah dilaksanakan sejak tahun 2007. Namun untuk Kabupaten Sanggau baru mulai dilaksanakan pada tahun 2014. “Program ini dimaksud sebagai upaya membangun sistem perlindungan sosial kepada masyarakat miskin dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial penduduk miskin sekaligus sebagai upaya memotong rantai kemiskinan yang terjadi selama ini,” terang dia.
Tahun 2016, untuk tahap pertama ada sebanyak 8.102 orang peserta KKS di Kabupaten Sanggau. Sementara kecamatan yang masih diusulkan Kecamatan Entikong, Mukok dan Parindu. (sgg)