Serahkan Bantuan & Informasikan Pembangunan

Serahkan Bantuan & Informasikan Pembangunan

  Selasa, 10 November 2015 11:17
SAPA SISWA: Penjabat Bupati Ketapang Kartius beserta istri, Ny Yuliana Kartius, menyapa sejumlah siswa yang menyambut kedatangan mereka saat kunjungan ke SMP Negeri Tumbang Titi, Minggu (8/11). ISTIMEWA

Berita Terkait

TUMBANG TITI – Penjabat (Pj) Bupati Ketapang Kartius melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Tumbang Titi, Minggu (8/11). Dalam kunjungan ke kecamatan yang berjarak kurang lebih 90 kilometer dari Kota Ketapang tersebut, Pj Bupati didampingi ketua Tim Penggerak PKK, Ny Yuliana Kartius. Kedatangan mereka selain menyerahkan bantuan kepada 50 anak yatim piatu, juga memberikan bantuan bibit pertanian serta bantuan ternak kepada kelompok masyarakat.

Camat Tumbang Titi Alipius dalam sambutannya memaparkan kondisi Kecamatan Tumbang Titi menjelang Pilkada, Desember mendatang. Dia memastikan jika kecamatan yang dipimpinnya relatif aman dan damai, dengan kerukunan umat yang terjalan antarsuku serta agama sudah terjalin baik. Dia berharap ke depan akan terus berjalan dengan baik lagi.

Antusiasme masyarakat Tumbang Titi begitu besar, ingin bertatap muka langsung dengan Pj Bupati. Kedatangannya pun disambut dengan upacara adat Dayak Pesaguan, dengan memotong bambu dan meminum tuak sebagai penghormatan kepada tamu dan petinggi di negeri ini. "Terima kasih kepada Bapak Bupati pemimpin Kabupaten Ketapang yang melihat langsung kondisi kami di Kecamatan Tumbang Titi," ujar Camat Tumbang Titi.

Acara penyambutan kepada Bupati dan rombongan yang bertempat di GOR Lapangan Futsal Tumbang Titi, dipenuhi ratusan pelajar SD, SMP, dan SMA, serta tokoh masyarakat, para kepala desa, serta para guru. "Kami belum memiliki gedung pertemuan yang memadai, makanya cara ini kami tempatkan di lapangan futsal," kata Alipius seraya mengusulkan pembangunan gedung pertemuan untuk Kecamatan Tumbang Titi.

Selain itu, selaku Camat ia juga mengusulkan pembangunan sarana dan prasarana yang diperlukan masyarakat, seperti tempat pembuangan sampah terakhir (TPA), dengan harapan agar masyarakat tidak membuang sampah di Sungai Pesaguan. Walaupun demikian, Alipius mengangkapkan bahwa dia telah melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan yang ada, untuk memperbaiki kondisi jembatan yang rusak, namun sifatnya hanya sementara. Sedangkan harapannya agar dibangun oleh pemerintah.

Sementara itu, dalam sambutannya, Pj Bupati Kartius menjelaskan bahwa dalam membangun negeri ini, ada tiga unsur, yakni pemerintah, swasta, dan masyarakat. Dia berharap agar ketiga unsur saling bekerja sama, di mana tidak hanya pemerintah semata, tapi juga peran swasta dan masyarakat sangat penting. Sosok yang terkenal dengan gaya bahasa humor cerdas dengan sentilan kritis sesuai fakta tersebut mencontohkan, jika ada pembanngunan jembatan, maka masyarakat harus memelihara. “Jangan sebaliknya, dirusak, seperti bautnya hilang, leneng jembatan pipanya hilang, hal ini malah sebaliknya  tidak sama-sama memelihara dan merawatnya,” ungkapnya.

Demikian juga dengan pihak swasta, Kartius juga berharap agar perusahaan di Tumbang Titi tidak hanya mengeruk keuntungan dan tidak mau berbagi. Dia mencontohkan, seperti program CSR, jika diundang, terkadang mereka tidak datang. "Ketapang ini banyak kekayaannya, tetapi masyarakatnya miskin kalau seperti itu perusahaan sama dengan penjajah baru kulit hitam," kata Kartius memisalkan.

Terkait Pilkada, Kartius berpesan kepada masyarakat di Tumbang Titi yang kondisinya telah aman dan damai, penuh dengan kerunanan antarsuku bangsa dan agama yang ada, agar tetap seperti itu. "Masyarakat Ketapang cerdas, walau bersuku-suku tetapi cinta damai. Dalam Pilkada hanya beda pilihan, tidak usah berkelahi," pesan Kartius.

Pj Bupati juga memberikan apresiasi kepada Camat Tumbang Titi, para kepala desa, serta masyarakat yang telah menerima dan menyambut kedatangan mereka. Selanjutnya Kartius menginformasikan program pembangunan yang masuk di Kecamatan Tumbang Titi melalui APBD tahun 2016, mulai dari infrastruktur jalan, jembatan, pertanian, dan bantuan kelompok masyarakat berupa bibit ternak dan alat pertanian. (afi/ser)

 

Berita Terkait