Seni Ukir yang Mendunia

Seni Ukir yang Mendunia

  Minggu, 15 May 2016 10:30

Berita Terkait

Seni kerajinan ukir batu di Desa Silakarang cukup memesona mata. Dulu, Seni ukir batu ditekuni masyarakat hanya sebagai aktivitas sosial. Namun, sekarang menjadi produk komersil yang punya kelas tinggi di mata internasional.

HARYADI-Bali

DESA Silakarang termasuk dalam Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Lokasinya  berjarak sekitar 18 kilometer dari ibukota Denpasar.  Bisa ditempuh dalam waktu kira kira 30 menit menggunakan kendaraan bermotor, Bila dari Bandara Ngurah Rai kurang lebih 90 menit perjalanan.

Tidak begitu sulit menemukan kawasan pembuatan ukiran batu di Desa Silakarang. Hampir di sepanjang Jalan desa, mata kita bakal disuguhkan dengan jejeran patung hasil tangan terampil warga sekitar. Layaknya showroom berjualan, beranda rumah pun dipenuhi dengan patung batu bergaya khas seni ukir pribumi.

Patung budha dari berbagai bentuk dan ukuran, ganesha maupun ukiran tradisional bisa disaksikan dan  dibeli pelancong yang berminat. Baik untuk dikoleksi sendiri maupun diperdagangkan kembali.

Bahan baku yang digunakan adalah batu padas. Perkembangan seni ukir yang menggunakan batu padas berawal dari pembangunan tempat suci,  karena hampir semua tembok dan bangunan suci (pelinggih) di Bali identik dengan ukiran batu padas.

Kini, berkat perkembangan dunia pariwisata di Bali, dunia seni ukir batu padas di Desa tersebut cukup berkembang pesat. Bahkan hasil karyanya sudah mampir di pasar Mancanegara, terutama ke Italia, Amerika Serikat, Perancis, Jepang dan negara Asia lainnya.

Wajar apabila seni kerajinan yang diturunkan dari hasil kreativitas nenek moyang tersebut wajib untuk dipertahankan dan dilestarikan. Agar nantinya anak cucu yang menjadi keturunan pun masih bisa menikmatinya.(*)

Sampel Pesanan

 

Mempola Desain

 

Ukiran Khas

Berita Terkait