Semua Harus Ikut Mencegah

Semua Harus Ikut Mencegah

  Sabtu, 27 February 2016 08:08
Gambar dari JawaPos

Berita Terkait

SEKRETARIS Pemerintah Provinsi Kalbar Zeet Hamdy Assovie meminta semua komponen di Kalbar turut mencegah peredaran narkotika melalui perbatasan Kalbar. Saat ini Kalbar termasuk jalur rawan penyelundupan narkotika dari negara lain.

“Sebagai daerah perbatasan langsung dengan negara lain, jalur udara, darat, dan laut, (narkotika) dapat saja masuk ke Kalbar. Perlu ditingkatkan sinergitas antarinstansi, perluasan jaringan kerja untuk mengantisipasi masuknya narkoba dari negara luar,” ungkap Zeet.Menurut Zeet, berdasarkan data diterimanya penyalahgunaan narkotika di Kalbar pada 2014 cukup banyak. Jumlahnya mencapai 69.163 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 36.999 orang coba pakai, 17.334 orang teratur pakai, 13.320 orang pecandu nonsuntik, dan 1.510 orang pecandu suntik.

Tingginya angka tersebut, lanjut Zeet, harus dicarikan solusi yang tepat dan bersama-sama. “Jangan sampai angka tersebut meningkat secara pesat. Jika jumlah prevenlensi penyalahgunaan narkoba terjadi peningkatan akan mengakibatkan Kalbar sasaran utama peredaran narkoba,” kata Zeet.Zeet menuturkan narkoba merupakan isu kritis dan rumit yang tak bisa diselesaikan satu pihak saja. Narkoba bukan hanya masalah individu, melainkan masalah semua orang. Upaya pemberantasan sering dilakukan, tetapi tetap ada celah bagi pelaku untuk tetap bergerak bebas.“Ini menjadi pekerjaan besar yang melibatkan dan memobilisasi semua pihak, baik pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan komunitas lokal,” ungkapnya. (uni)

Berita Terkait