Semua ABK Selamat

Semua ABK Selamat

  Jumat, 5 Agustus 2016 09:30
EVAKUASI: Evakuasi tenggelamnya kapal KM Sinar Usaha Jaya 2. OZY/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SAMBAS - KM Sinar Usaha Jaya 2 milik pengusaha Singkawang, Tetiono, karam, Rabu (3/8) sekitar pukul 15.30 WIB di perairan Kalang Bau. Kapal yang mengangkut pupuk organik ribuan ton itu karam setelah sebelumnya menabrak batu hingga rusak.

 

Kapolres Sambas melalui Kasatpolair, AKP Aam Kudussalam menyebutkan tenggelamnya kapal terjadi di sekitar Pulau Kalang Bau yang merupakan perairan Pemangkat. Pihaknya bersama instansi terkait telah melakukan evakuasi korban dan dibawa ke Markas Satpolair Pemangkat.

 

"Awalnya cuma rusak. Kita pun langsung melakukan pengamanan di TKP di Perairan Kalangbau. Dan dalam hal ini, kita juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait," kata Kasatpolair Polres Sambas. Pihak Satpolair, tenggelamnya kapal dengan pelayaran Samudra Usaha Line nama pemilik kapal Tetiono (Singkawang) pelayaran Samudra Usaha Line GT. 398. Pemilik muatan atas nama Singka Sinye Agrotama Singkawang. Diawali adanya kerusakan yang terjadi setelah lepas tali dari Pelabuhan Sintete.

"Pada Sabtu (30/7) sekitar pukul 10.45 WIB. Kapal berangkat dari pelabuhan Sintete menuju Pelabuhan Pangkal Balam di Pangkal Pinang," katanya.

Atas kejadian ini, seluruh awak kapal nahkoda bersama dengan sebelas Anak Buah Kapal (ABK) dinyatakan selamat. Namun muatan kapal tenggelam, pemilik kapal maupun barang diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp3 Miliar.

Dibantu nelayan sekitar, anggota Satpolair Polres Sambas melakukan evakuasi terhadap ABK. Kapal saat ini pada posisi masih di Kalangbau, dengan posisi karam ke kanan. (ozy)

Berita Terkait