Sempatkan Diskusi

Sempatkan Diskusi

  Rabu, 6 April 2016 09:05
Andi Tri Saputro

Berita Terkait

KESIBUKAN tugas sebagai jaksa fungsional di Kejaksaan Negeri (Kejari) Sintang tetap diupayakan bisa meluangkan waktu diskusi. Topik pembahasan beragam. Namun bukan perkara yang ditangani.

“Kita tetap sempatkan bisa diskusi dengan kawan-kawan,” kata Andi Tri Saputro, jaksa fungsional Kejari Sintang.

Mantan Koordinator Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Atmaja Yogyakarta ini, memang sudah terbiasa diskusi. Aktivitas tersebut dijalani sejak dibangku kuliah. Seiring keaktivannya berkiprah di organisasi kepemudaan.

Tidak heran begitu ditempatkan tugas di Sintang, jaksa yang akrab disapa Putro ini tetap tidak bisa meninggalkan diskusi. Bahkan sebaliknya. Ingin dapat menghidupkan diskusi, terutama di kalangan mahasiswa.

Putro berpandangan diskusi dapat memberikan banyak manfaat, terutama menghidupkan nuansa akademis. Untuk tugasnya, sebagai jaksa, juga bisa dikaitkan yakni dalam menangani perkara harus terpenuhi formil dan materil yuridisnya. Bukan karena asumsi. “Begitu juga dengan diskusi,”

katanya. Bahkan yang menjadi kawan Putro berdiskusi di Sintang beragam. Baik aktivis OKP, maupun kalangan masyarakat. Diskusi, lanjutnya, tidak juga harus formal. Namun tetap serius.

Hanya saja Putro enggan menggadaikan jam kerja jika untuk berdiskusi. Pekerjaan harus sudah tuntas dan bukan saat masa tugas kalau diskusinya. Pasalnya, kewajiban pokok tetap harus ditunaikan dan menjadi nomor satu. Tapi tidak membatasi diskusi.    

Menurut Putro saat diskusi juga kerap menyampaikan tentang hukum. Kendati bukan secara langsung. Misal mengingatkan tentang pencegahan korupsi. Hal demikian disampaikan, sekaligus bentuk penyuluhan hukum, meski tidak formal bentuknya. “Semua lini harus bergerak dalam pencegahan korupsi. Dan, timbulnya semangat sadar hukum,” katanya.(stm)

Berita Terkait