Sempatkan Buang Tegang

Sempatkan Buang Tegang

  Rabu, 20 April 2016 09:00

Berita Terkait

Real Madrid vs Villarreal

MADRID – Hanya satu jalan bagi Real Madrid untuk menjadi juara La Liga musim ini: menang terus dalam lima lama terakhir! Mudah? sudah pasti tidak. Kalaupun Real bisa melakukannya, mereka tidak otomatis juara. Masih ada  Barcelona dan Atletico Madrid yang saat ini unggul satu angka dari Real (76-75). Kalau Barca dan Atletico juga menang terus, maka Barca lah yang juara.

Itulah situasi yang dihadapi Real. Karena itu, jelang laga menjamu Villarreal di Santiago Bernabeu dini hari nanti, para penggawa Los Merengues – julukan Real --  memilih bersantai ria. Mereka mendapatkan jatah libur sehari. 

Jepretan lensa harian olahraga AS merekam aktivitas para bintang Real kemarin (19/4). Pepe, Keylor Navas, dan Nacho Fernandez, misalnya, menggelar makan siang bersama sama fans. Sekitar 300 orang Madridista – julukan fans Real -- memenuhi museum mini Ramon Mendoza, Presiden Real 1985-1995, di wilayah suburb Alcala de Hanares. Dalam acara itu  hadir juga mantan Presiden Real Lorenzo Sanz.

Gelandang Real James Rodriguez absen dalam acara sosial tersebut. Bintang timnas Kolombia itu memilih bersantai bersama anak dan istrinya, Daniela Ospina dan Salome. 

Lain lagi dengan Gareth Bale. Pemain 26 tahun asal Wales itu hadir di turnamen golf Spanish Open di Sotogrande. Sementara itu, satu-satunya pemain Real yang tetap beaktivitas fisik dengan menghabiskan waktu di gym adalah Cristiano Ronaldo. 

Entrenador Real Zinedine Zidane menyatakan anak asuhnya harus tetap kalem. Mereka harus rileks menghadapi ketatnya persaingan memburu gelar juara. “Kami belum memenangi apapun musim ini. Jangan terlalu bergembira karena masih banyak pembenahan yang dibutuhkan,” kata pria keturunan Aljazair-Prancis tersebut seperti dilansir Marca kemarin. 

Meski santai, Zidane tidak lantas meremehkan Villarreal. Ingat, saat bertandang ke markas Villarreal pada putaran pertama lalu, Real pulang dengan kepala tertunduk. Kalah 0-1.

“Saya tak ingin tim kami bereuforia berlebihan atas kekalahan beruntun Barcelona. Tugas Real adalah fokus kepada sisa laga bukan malah memikirkan hasil laga tim lain,” tegas Zidane. 

Bapak empat anak itu mengisyaratkan tak akan menyimpan penggawa seperti ketika menggulung Getafe 5-1 pekan lalu. Saat itu Zidane sengaja tidak memainkan Sergio Ramos, gelandang Casemiro, dan Luka Modric sebagai. Nah, tanpa pemain yang cedera serta terkena akumulasi kartu, Zidane pun bisa mengeksplorasi maksimal kekuatan timnya. 

Sebaliknya, Villarreal kehilangan tiga pemain karena cedera. Yakni, Mateo Musacchio, Samu Castillejo, dan Jaume Costa. Sementara itu, kondisi Tomas Pina juga belum fit. 

Bek Real Marcelo optimistis bakal meraih kemenangan. “Real selalu menjadi tim yang tangguh dan berjuang sampai akhir. Pendukung sempat kehilangan harapan, namun kami membuktikan bisa kembali,” ucapnya. Menurut Marcelo, mereka harus menjaga momentum. 

Senjata utama tuan rumah adalah moncernya trio BBC (Bale-Benzema-Cristiano) yang telah mencetak 69 di antara total 98 gol Real musim ini. Whoscored mencatat bahwa Real punya sisi ofensif yang jauh lebih galak ketimbang Villarreal. Tembakan rata-rata setiap pemain Real per laga adalah 1,8 kali. Di sisi lain,  Villarreal hanya 0,8 kali. 

Winger Real Gareth Bale mengaku dalam kondisi yang sangat nyaman dalam berburu titel. Meski sebelumnya Real terkesan hanya fokus ke Liga Champions, kini mereka juga membidik trofi Real. Apalagi sudah tiga musim ini Real tidak menjadi juara di kompetisi domestik. 

Pelatih Villarreal Marcelino mengakui kebangkitan Real. Namun, hal itu tidak membuatnya gentar. Villarreal butuh poin untuk mengamankan posisi di papan atas. Tim berjuluk The Yellow Submarine itu ada di peringkat keempat, batas terakhir bagi wakil La Liga untuk berlaga di Liga Champions. “Kami tahu Real favorit juara dan bertekad membalas kekalahan. Tapi, kami tak akan menyerah begitu saja,” katanya. 

Sukses melenggang ke semifinal Europa League menjadi suntikan semangat bagi para pemain Villarreal. Kalau bisa menang atas Liverpool, Villarreal akan menapak ke final Europa League untuk kali pertama sepanjang sejarah. (dra/ca)

Berita Terkait