Sempat Homesick, Kini Malah Asyik

Sempat Homesick, Kini Malah Asyik

  Senin, 8 Agustus 2016 09:39
Ibden bin Omar, Mahasiswa Jurusan International Business Universitas Malaysia Perlis (duduk) dan Stanley Saman Anak Umpau, Mahasiswa Jurusan International Business Universitas Malaysia Perlis (Berdiri)

Berita Terkait

INTERNSHIP atau yang biasa dikenal dengan sebutan magang adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan orang yang sedang bekerja sementara di posisi tertentu, biasanya ini dilakukan untuk melatih kerja sekaligus syarat menyelesaikan suatu pendidikan. Kalau orang Indonesia magang di luar negeri udah biasa kita temui. Kalau orang Indonesia magang di dalam negeri juga udah sering. Nah, gimana dengan sensasi magang di Indonesia yang dirasain orang luar negeri? Nah ini yang nggak biasa, yuk kita kepoin sensasi magang Ibden dan Stanley.

Humble, friendly, dan menyenangkan. Itulah kesan pertama ketika bertemu dengan Ibden bin Omar dan Stanley Saman, mahasiswa dari Universitas Malaysia Perlis yang mengikuti program pertukaran pelajar oleh pemerintah. Keduanya sedang magang di Pontianak Post sejak 17 Juli 2016. Kegiatan magang mereka selama 2 bulan ke depan akan dilaporkan dalam notebook activity report. Selain itu, mereka juga diwajibkan membuat final report yang berisi latar belakang company, kesimpulan daily report dan details of working report. 

Selama kurang lebih 3 minggu magang, baik Ibden maupun Stanley banyak mempelajari hal baru terlepas dari pengalaman magang di kantor. Serunya magang di Indonesia khususnya di Pontianak bagi mereka adalah mengenal bahasa dan kebudayaan yang ada di daerah setempat seperti mengenal rumah Radangk, alun-alun Kapuas, Museum Kalimantan Barat, Tugu Digulis dan berbagai spot khas Pontianak lainnya.

Tidak ada kendala yang berat selama mereka magang di Pontianak Post selain adaptasi bahasa dan makanan. By the way, ngomongin soal adaptasi makanan si Ibden sempat heran lho dengan kebiasaan orang Indonesia mengonsumsi bubur ayam. Kenapa? Karena di Malaysia mengonsumsi bubur hanya untuk mereka yang sedang sakit sedangkan di Indonesia sendiri mengonsumsi bubur udah jadi hal yang biasa, nggak hanya dikonsumsi untuk orang sakit saja, bahkan menjadi menu favorit untuk sarapan.

Identik dengan kata Kalimantan, banyak orang luar negeri yang mengira provinsi ini dipenuhi dengan hutan padahal keadaan yang sebenarnya tidak demikian. Stigma ini juga sempat melekat pada Ibden dan Stanley. Mereka khawatir dan berpikir Pontianak yang merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Barat adalah kota yang dipenuhi dengan pohon-pohon, tidak ada mall dan jauh dari suasana perkotaan. Namun ketika pertama kali menjejakkan kaki di Pontianak, mereka kaget dan menepis stigma Pontianak adalah hutan. Nah loh, makanya jangan langsung menilai sebelum melihat langsung ya!

Namanya juga jauh dari orang tua, Ibden dan Stanley sempat dilanda homesick tapi berkat teman-teman dari Indonesia yang tak henti memberi support dan mengajak mereka berkeliling Pontianak semuanya jadi baik-baik aja. Intinya sih ya, suka dukanya magang itu pasti ada, tinggal bagaimana cara kita menikmatinya saja. Jadi, buat kamu yang mau magang ataupun sedang magang tahun ini jangan takut, ya. Semangat dan terus berkarya! (dee) 

 

 

Berita Terkait