Sempat Hampir Terjegal, Akhirnya Machmud Resmi Tampil

Sempat Hampir Terjegal, Akhirnya Machmud Resmi Tampil

  Rabu, 27 July 2016 09:30
KOMPETISI: Diusianya yang tidak muda lagi, Sy Machmud Alkadrie tetap penuh optimistis berkompetisi di even balap nasional dan internasional. Bahkan dia menjadi pembalap Kalbar pertama yang bisa tampil di kelas sport 250 CC, Asia Road Racing Championship 2016.

Berita Terkait

PONTIANAK--Sempat hampir tidak diperbolehkan tampil di Asia Road Racing Championship karena persoalan internal di tubuh IMI Pusat, akhirnya pembalap tim MRT Yamaha Kalbar Sy Machmud Alkadrie resmi bisa berlaga di even bergengsi tersebut. Machmud berkesempatan kembali menjajal sirkuit Sentul 4-7 Agustus mendatang dan bersaing dengan pembalap tim pabrikan dari seluruh Asia. 

"Momen ini akan menjadi kebanggaan bagi saya. Tidak mudah untuk bisa tampil di even ini. Harus siap segalanya. Baik mental, modal dan fisik," kata Machmud kepada Pontianak Post kemarin.

Diceritakan Machmud, akibat konflik internal ditubuh IMI Pusat, permasalahan merembet ke pelaksanaan Asia Road Racing Championship. Dia bahkan tidak diperbolehkan untuk ikut serta di ajang tersebut. "Tapi alhamdulillah saya tetap bisa tampil. Karena banyak teman-teman di IMI Pusat dan pembalap Indonesia yang mensupport dan menginginkan saya bisa tampil disini," katanya.

Menurut Machmud, memang untuk tampil di Asia Road Racing Championship Round IV ini, Ketum KONI Kalbar itu harus mempersiapkan diri dengan matang. Dia juga harus merogoh koceknya dalam-dalam karena memerlukan biaya yang tak sedikit. "Untuk uang pendaftaran saja mahal, sekitar 30 juta. Tapi untung saja ada beberapa sponsor yang mendukung, diantaranya Yamaha,  Hotel Golden Tulip dan Joni teman saya," kata dia.

Sebelumnya Machmud juga pernah tampil di even serupa pada tahun 2015 lalu. Namun dia gagal dan harus puas berada di posisi 20 besar. "Tahun ini target saya juga tidak muluk-muluk. Kalo naik podium memang berat. Berada di barisan tengah dengan pembalap lainnya saya sudah puas. Sebab, yang tampil disini bukan pembalap sembarangan. Banyak pembalap terbaik Asia," kata Machmud.

Ketua umum KONI Kalimantan Barat ini memang tak pernah pudar dimakan usia. Kendati umurnya sudah menginjak 48 tahun, namun keterampilan, skill dan mentalnya sebagai pembalap masih tetap teruji. Bahkan tahun lalu dia berhasil merebut juara umum di kelas 250 CC Yamaha Sunday Race.

Asia Road Racing Championship 2016 sendiri digelar selama enam seri. Seri pertama 30 Maret di Johar Internasional Sirkuit Malaysia. Kemudian seri kedua dilaksanakan 5 Mei di Chang Internasional Sirkuit Thailand.

Seri ketiga digulirkan di Suzuka Internasional Sirkuit Jepang 2 Juni lalu. Kemudian seri ke-4 dilaksanakan di Sentul Internasional Sirkuit Indonesia 4 Agustus mendatang. Seri kelima berlangsung di Budhh Internasional Sirkuit New Delhi India 29 September mendatang. Dan seri keenam terakhir kembali dilaksanakan di Chang Internasional Sirkuit Thailand, 1 Desember mendatang. (bdi)

Berita Terkait