Semoga Menjadi Agenda Tahunan

Semoga Menjadi Agenda Tahunan

  Senin, 10 Oktober 2016 08:38

Berita Terkait

KETAPANG – Selama lima hari para yachter dari berbagai negara, peserta Wonderful Sail2Indonesia, berlabuh di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Sukabangun. Para turis mancanegara tersebut mendapat sambutan dan suguhan kegiatan dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Ketapang. 

Kegiatan yang berlangsung sejak 5 Oktober tersebut, berakhir kemarin (9/10). Berbagai kegiatan selama waktu tersebut seperti welcome ceremony, pagelaran kesenian, city tour, hingga Dayak culture.

“Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kujungan wiata di Kabupaten Ketapang,” kata Drs Yulianus, kepala Disbudparpora Kabupaten Ketapang, ketika memberikan laporan dalam kegiatan gala dinner atau jamuan makan malam kepada wisatawan peserta Sail2Indonesia di PPI Sukabangun Dalam, Sabtu (8/10).

Diungkapkan dia, tercatat sebanyak 16 kapal layar (yacht) yang berasal dari berbagai negara seperti Perancis, Australia, Inggris, Filipina, Belgia, Jerman, Selandia Baru, Belanda, Swiss, dan Amerika, yang berlabuh di PPI Sukabangun Dalam tersebut. Menurut Yulianus, Wonderful Sail2Indonesia merupakan  salah satu upaya pelaksanaan dari Peraturan Presiden dan upaya pengembangan destinasi pariwista. Tujuannya, dikatakan dia, adalah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia, khususnya Kabupaten Ketapang. Sementara, dia menambahkan ini merupakan kali kedua buat Pemkab Ketapang melalui dinas yang dipimpinnya, bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Yayasan Cinta Bahari. “Semoga dengan kegiatan ini, kunjungan wisatawan asing dapat meningkat,” harap Yulianus. “Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga, yang telah melaksanakan kegiatan ini,” timpal asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Ketapang, Farhan SE MSi, ketika menyampaikan sambutan Bupati Ketapang.

Farhan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam pengembangan destinasi pariwisata. Selain itu, dia menambahkan, juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing. “Serta menjalin hubungan persahabatan dengan saudara-saudara kita dari mancanegara,” kata dia.

Dalam sambutan tertulisnya Bupati berharap agar kegiatan seperti ini, dapat dijadikan agenda tahunan. Harapan dia, melalui kegiatan ini akan terjadi hubungan silaturahmi yang dipererat dengan seni budaya serta keindahan alam dan keaneka ragaman hayati, khusunya yang ada di Kabupaten Ketapang.

Bupati mengungkapkan bahwa kegiatan jamuan makan malam tersebut dilaksanakan mereka sebagai ungkapan terima kasih kepada para kepada wisatawan tersebut. Bupati berharap pada tahun berikutnya para sailor akan berkunjung kembali di Kabupaten Ketapang. (afi/ser)

Berita Terkait