Sembilan Wali Kota Peringati Hari Jadi Kota Pontianak

Sembilan Wali Kota Peringati Hari Jadi Kota Pontianak

  Senin, 24 Oktober 2016 09:30
DIABADIKAN: Sultan Pontianak, Syarif Abubakar Alkadrie diabadikan bersama Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pontianak usai pelaksanaan upacara HUT Kota Pontianak.

Berita Terkait

PUNCAK Peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-245 Kota Pontianak tahun ini merupakan momentum istimewa, sebab bertepatan dengan digelarnya Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) V Regional Kalimantan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Kota Pontianak.

Sedikitnya ada sembilan Wali Kota se-Kalimantan atau yang mewakili, termasuk Wali Kota Pontianak hadir dalam apel di depan Kantor Wali Kota, Jalan Rahadi Usman untuk memperingati harjad kota yang lahir pada 23 Oktober 1771, Minggu (23/10).

Ribuan peserta apel tumpah ruah. Mereka mengenakan pakaian khas Melayu Pontianak. Telok belangak dikenakan pria dan baju kurung dikenakan wanita. Hadir pula pihak Kesultanan Kadriyah Pontianak yang dipimpin Sultan Pontianak, Syarif Abubakar Alkadrie, Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pontianak lainnya.

Apel yang dimulai sekitar pukul 07.30 WIB berlangsung khidmat. Wali Kota Pontianak, Sutarmidji bertindak sebagai pembina upacara. Dalam kesempatan tersebut juga dibacakan sejarah singkat lahirnya Kota Pontianak sekaligus dilaksanakan pemberian penghargaan terhadap beragam prestasi, yang telah diraih berbagai pihak di jajaran Pemkot Pontianak selama 2016.

Usai apel, seluruh tamu yang hadir langsung mengikuti jamuan makan bersama dimulai dengan penyerahan nasi tumpeng dari Wali Kota Pontianak, Sutarmidji kepada Sultan Pontianak, Syarif Abubakar Alkadrie. Sebagian kepala daerah dan tamu kehormatan lainnya makan bersama di Aula Abdul Muis Muin, Kantor Bappeda. 

Berbagai menu kuliner, mulai dari kue-kue khas Pontianak dan nasi tumpeng disajikan prasmanan di sepanjang halaman kantor wali kota. Suasana semakin semarak, penuh kebersamaan dihibur musik tanjidor dan organ tunggal.(**) 

 

 

Berita Terkait