Semarak HUT Ke-14 Pemkot Singkawang Kerja Hebat Pasti ke-Singkawang

Semarak HUT Ke-14 Pemkot Singkawang Kerja Hebat Pasti ke-Singkawang

  Selasa, 10 November 2015 09:07
JALAN KAKI: Wali Kota Singkawang, Awang Ishak berjalan kaki bersama warga Kota Singkawang saat karnaval pembangunan.

 

 

RIBUAN masyarakat antusias mengikuti Perayaan Hari Jadi ke-14 Pembentukan Pemerintahan Kota Singkawang. Rangkaian kegiatan diikuti satuan kerja perangkat daerah, intansi vertikal, camat dan lurah, tamu undangan beserta semua tokoh masyarakat Kota Singkawang.
Pemerintahan Kota Singkawang sebagai daerah otonom ditetapkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2001 tentang Pembentukan Kota Singkawang oleh Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah atas nama Presiden Republik Indonesia pada 17 Oktober 2001 di Jakarta.
Kegiatan kali ini mengambil tema Kerja Hebat Pasti Ke-Singkawang. “Tema ini sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta Motivasi agar Roda Pemerintahan Kota Singkawang hingga sekarang dapat berjalan dengan baik di kehidupan Masyarakat,” kata Ketua Panitia Pelaksana HUT Pemkot Singkawang Drs. Syech Bandar, M.Si.
Rangkaian kegiatan selama satu bulan penuh mencakup lomba kebersihan antar kelurahan, gerakan bersih kampung, resepsi peringatan pembentukan Pemerintah Kota Singkawang, karnaval pembangunan dengan tema fantasi budaya, pembukaan Singkawang Expo, Gerakan Membaca 1.000 Buku dan Tour de Sakong oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Singkawang.
Selain itu juga digelar berbagai perlombaan. Diantaranya pangkak gasing, eksebisi layangan hias, lomba stand expo, kontes kopi dan lomba lagu dangdut Rita Sugiarto. Syech Bandar menjelaskan  biaya penyelenggaraan kegiatan ini semuanya bersumber dari dana APBD Kota Singkawang Tahun 2015.
Wali Kota Singkawang, Drs H.Awang Ishak, MSi mengajak warga untuk bersyukur atas capaian yang telah dilakukan selama ini. “14 Tahun bukan waktu singkat. Kota ini sudah banyak membawa perubahan,” jelasnya. Keberhasilan ini berkat komitmen bersama untuk menyatukan langkah, tekad dan merapatkan barisan demi terwujudnya pembangunan yang sejahtera, harmonis dan demokratis.
Awang menjelaskan tema kegiatan ‘Kerja Hebat Pasti ke-Singkawang’ dimaksudkan agar aparatur pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat bersatu padu dalam pembangunan. Ini bisa tercapai apabila semua pihak berkomitmen bekerja keras mewujudkan Kota Singkawang sebagai pusat destinasi wisata, jasa dan perdagangan di Kalbar. “Ini salah satu bentuk peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Yakni menjadikan Kota Singkawang memiliki daya tarik sebagai pusat perbelanjaan dan pusat wisatawan,” ujar orang nomor satu di Kota Seribu Kalenteng ini.
Awang mengungkapkan selaku pengemban amanat visi dan misi pemerintahan Kota Singkawang 2012-2017, pemerintahan akan menentukan arah pembangunan daerah. Seperti mewujudkan ketersediaan air bersih, reformasi birokrasi dan tatakelola pemerintahan dalam pelayanan publik.
Pemerintah akan terus berupaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Singkawang. Serta berkomitmen membangun infastruktur dan sarana perkotaan demi mempermudah masyarakat mendapat layanan fasilitas umum yang berkualitas.
Ia menambahkan komitmen pemerintah berikutnya berusaha menjaga lingkungan hidup dan melakukan konservasi sumber daya alam. Seperti melibatkan masyarakat kelurahan dan kecamatan sebagai pemakarsa gerakan bakti kampung untuk terwujudnya kampung hijau dan bersih.
Awang juga menjelaskan program untuk menata pasar supaya lebih baik. Pasar-pasar tradisional seperti Pasar Alianyang, Roban, Naram dan Pusat Jajanan Serba Ada akan ditata lebih baik sehingga memberikan kemudahan bagi konsumen dan pedagang dalam berjualan. (*)
 
Foto-foto; Humas Pemkot Singkawang