Semarak Halal bi Halal Jemaah Safar

Semarak Halal bi Halal Jemaah Safar

  Selasa, 16 Agustus 2016 08:43
BANTUAN: Ketua PKK Mempawah, Hj Erlina Ria Norsan menyerahkan bantuan kepada tiga grup kasidah dalam kegiatan safari fajar di Kota Singkawang. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH - Jemaah Safari Fajar (Safar) Kabupaten Mempawah menggelar halal bi halal, Minggu (14/8) pagi. Tak seperti lazimnya, kali ini mengambil tempat di lokasi objek wisata Pantai Pasir Panjang, Singkawang. Ribuan jemaah yang mengikuti kegiatan itu dipimpin langsung Bupati, Ria Norsan dan Wakil Bupati, Gusti Ramlana.

 
Dalam kesempatan itu, Ria Norsan mengatakan, halal bihalal memiliki arti yang penting. Selain ajang silaturahmi, imbuh bupati, juga bentuk kekompakan dan persatuan umat Islam di Kabupaten Mempawah.

 “Kenapa kita pilih halal bihalal ini di Pantai Pasir Panjang? Supaya kita bisa sekalian refresing bersama sanak keluarga dan sahabat,” tutur Norsan.

Bupati menjelaskan, halal bihalal yang dilaksanakan pihaknya tak terlepas dari kesibukan masing-masing sehingga antar satu dengan yang lain tidak sempat untuk saling berkunjung, saling berjabat tangan dan bermaaf-maafan.

 “Melalui kegiatan ini, kita bisa saling bermaaf-maafan. Mewakili Pemerintah Kabupaten Mempawah, saya mohon maaf kepada masyarakat apabila selama melaksanakan roda pemerintahan ini ada berbuat salah dan khilaf,” ucap Norsan penuh tulus.

Senada itu, Wakil Bupati, Gusti Ramlana atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah daerah juga menyampaikan permohonan maaf dunia dan akhirat, apabila ada kesalahan yang telah dilakukannya baik secara individu maupun bersama bupati selama melaksanakan kegiatan pemerintahan.

 “Mohon kiranya masyarakat dapat membukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Semoga doa bapak dan ibu membuat kami dapat dengan tenang, aman dan mudah melaksanakan tugas yang diamanahkan masyarakat Kabupaten Mempawah ini,” ujarnya.

Berkenaan pelaksanaan kegiatan safari fajar, Ramlana menilai sebagai wujud kebersamaan dan tanda kebesaran Islam. Karena kegiatan ini menunjukkan umat muslim di Kabupaten Mempawah semakin kompak dan bersatu dalam mensyiarkan dan membesarkan agama Allah di muka bumi ini.

 “Keberadaan Islam sangat menentukan kelangsungan hidup dunia ini. Semakin baik umat Islam, maka semakin panjanglah umur dunia ini. Oleh karena itu, tolong disambungkan syiar Islam ini antar muslim satu dengan yang lain. Karena umat Islam adalah bersaudara, khilaf salah keliru kita harus saling mengingatkan,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Tim Motivator Safari Fajar Kabupaten Mempawah, H Syahril AR, S.IP, M.Pd mengatakan, dilaksanakannya kegiatan halal bihalal berlandaskan pada hadits Nabi Muhammad SAW. Dalam hadist nya, Rasulullah mengatakan, Setiap anak adam (manusia) berbuat kesalahan, dan sebaik-baiknya orang yang bersalah adalah yang bertaubat. Diperkuat dengan pendapat ulama yang mengatakan, dosa manusia terbagi dalam tiga bagian.

 “Pertama dosa yang diampuni Allah, kedua dosa tidak diampuni Allah, dan yang ketiga dosa yang tertunda. Selain syirik dan musyrik kepada Allah, maka dosa manusia sebesar apapun insha allah akan mendapat ampunan dari Allah. Namun untuk dosa yang tertunda yaitu dosa sesama manusia, Allah tidak akan memberi ampun kalau kita belum saling memaafkan,” terangnya.(wah)

Berita Terkait