Semarak FSS 2016 di Kota Mempawah

Semarak FSS 2016 di Kota Mempawah

  Senin, 27 June 2016 09:45
DIMULAI: Bupati, Wakil Bupati dan Ketua PKK memukul kelontongan menandai dimulainya FSS serta melepas peserta. WAHYU/PONTIANAK POST

Berita Terkait

MEMPAWAH - Festival sahur-sahur (FSS) ke-XIV tahun 2016 di Kota Mempawah berlangsung semarak dan meriah. Lebih dari 200 peserta berpartisipasi dalam festival yang memperebutkan total hadiah Rp 78 juta itu. Festival dibuka oleh Bupati Mempawah, H Ria Norsan di Halaman Wisma Chandramidi, Jumat (24/6) sekitar pukul 21.00 WIB.

Penyelenggaraan FSS tahun ke XIV ini tambah lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu terlihat dari tingginya animo peserta di dua kategori pemula dan dewasa yang mencapai lebih dari 200 regu. Ditambah lagi dengan antusias masyarakat Kota Mempawah yang memadati setiap ruas jalan di Kota Mempawah untuk menyaksikan atraksi dan kreatifitas peserta festival.

Ditandai dengan pemukulan kelontongan, Bupati Mempawah, H Ria Norsan melepas peserta festival. Dimulai dari Halaman Wisma Chandramidi Mempawah, peserta berjalan kaki melewati Jalan Gusti Muhammad Taufik, menuju ke Jalan Mane Pak Kasih, kemudian dilanjutkan ke Jalan Raden Kusno, berbelok di Tugu Pak Tani dan finish di Halaman Wisma Chandramidi.

 “FSS merupakan salah satu agenda rutin yang dilaksanakan pada bulan ramadan. Tujuannya, untuk mengembangkan tradisi masyarakat Mempawah yang sudah ada turun temurun yakni membangunkan masyarakat untuk makan sahur,” kata Norsan dalam sambutannya.

Disamping mempertahkan budaya dan tradisi, lanjut Bupati dua periode itu, FSS menjadi ajang hiburan bagi masyarakat bahkan wisatawan domestik maupun mencanegara. Karenanya, Norsan mengajak semua pihak berpartisipasi dengan cara menjaga ketertiban selama penyelenggaraan FSS berlangsung. Sehingga, FSS berjalan dengan aman, lancar, sukses dan penuh kemeriahan.

 “Tahun depan, saya minta hadiah utamanya ditambah menjadi Rp 10 juta, juara kedua Rp 7, 5 juta, juara ketiga Rp 5 juta dan keempat Rp 3 juta. Kemudian, uang pembinaan setiap regu juga ditambah menjadi Rp Rp 500 ribu per regu,” tegas Norsan sembari disambut aplus ribuan masyarakat yang tumpah ruah di lokasi acara.

Ditempat yang sama, Kapolres Mempawah, AKBP Dedi Agustono, S.Ik menghimbau seluruh element masyarakat di Kota Mempawah untuk bersama-sama menjaga kamtibmas. Agar, penyelenggaraan festival tahunan tersebut dapat terlaksana dengan tertib, aman dan lancar.

 “Kami minta panitia, seluruh peserta dan element masyarakat bersama-sama menjaga ketertiban umum selama penyelenggaraan festival ini. Dengan kebersamaan dan kerjasama yang baik semua pihak, kami optimis festival sahur-sahur 2016 berlangsung sukses,” singkat Kapolres dalam amanatnya.

Dilain pihak, Ketua  Panitia FSS Mempawah, Dewo Dirgantara dalam laporannya menyebut jumlah peserta FSS tahun 2016 ini meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan total peserta didua kategori lomba sebanyak lebih dari 200 regu atau grup.

 “Peserta yang berpartisipasi dalam FSS 2016 ini tidak hanya dari Kabupaten Mempawah saja, melainkan ada yang datang dari Kota Singkawang, Kubu Raya, Kota Pontianak dan daerah lainnya di Kalbar,” ungkap Dewo begitu dia akrap disapa.

Dewo menyebut pihaknya senantiasa melakukan evaluasi dan penyempurnaan dalam setiap penyelenggaraan FSS setiap tahunnya. Tujuannya, agar penyelenggaraan FSS akan semakin bermutu dan berkualitas serta dapat memberikan hiburan dengan nilai  edukasi kepada masyarakat Mempawah.

 “FSS ini merupakan salah satu ikon kebanggaan masyarakat Mempawah. Sebab, festival seperti ini tidak akan dijumpai didaerah manapun di Indonesia bahkan di negara lainnya. Makanya, kita patut bersyukur dan terus menjaga tradisi ini agar selalu terjaga dengan baik,” serunya mengakhiri.

Dalam menentukan pemenang festival, panitia telah menetapkan 24 regu atau grup dari  dua kategori yang berhak melaju ke babak final yang akan berlangsung pada Sabtu (25/6) malam. Hasilnya, tampil  sebagai juara pertama pada kategori pemula, Junior Tambangan, kedua Junior Asyifa, ketiga Penibung Skelen dan keempat Pencari Hikmah.

Sedangkan pemenang FSS kategori dewasa yakni, Remas Ussisa Allataqwa, kedua Grup Dua Puteri, ketiga Sanggar Pinang Berangkai dan keempat King Rattle. Para pemenang berhak membawa pulang piala bergilir Bupati Mempawah dan Ibu Bupati Mempawah beserta uang pembinaan.(wah)

Berita Terkait