Semarak Festival Tanglong

Semarak Festival Tanglong

  Senin, 4 July 2016 10:05
KELILING: Rahmad Satria memotong pita dimulainya festival tanglong. ISTIMEWA

Berita Terkait

MEMPAWAH - Menyemarakan ramadhan 1437 H, Pemuda Kreatif Kuala Mempawah menggelar festival tanglong atau keriang bandong ke-II tahun 2016, Sabtu (2/7) malam di Kuala Mempawah. Festival yang dibuka Ketua DPRD, DR. H Rahmad Satria, SH, MH diikuti lebih dari 500 peserta.

Pembukaan festival tanglong ke-II ditandai dengan pemotongan pita oleh Rahmad Satria yang juga Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Mempawah. Selanjutnya, ratusan peserta dengan membawa aneka ragam tanglong berjalan kaki mengelilingi Pasar Kuala Mempawah. Untuk menentukan pemenang festival, panitia menggunakan sistem undian. Pemenang festival berhak membawa pulang beragam hadiah doorprize yang  telah disiapkan panitia.

 “Saya prihatin dengan pelaksanaan festival tanglong ini. Dengan segala keterbatasannya, panitia tetap berusaha keras untuk memaksimalkan penyelenggaraan festival ini. Kegiatan seperti ini harus kita dukung,” tegas Rahmad Satria.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Mempawah ini menerangkan, tanglong atau lebih dikenal keriang bandong menjadi salah satu alat penerangan bagi masyarakat ketika belum ada jaringan listrik. Terutama pada bulan ramadhan, tanglong menjadi salah satu tradisi dikalangan masyarakat muslim.

 “Festival tanglong ini salah satu bentuk perayaan untuk memeriahkan bulan ramadhan dilingkungan masyarakat. Nah, kegiatan ini sangat positif dan kreatif makanya perlu kita dukung bersama,” tegas Legislator Golkar Kabupaten Mempawah itu.

Sebab, sambung Rahmad Satria, festival tanglong memberikan nilai edukasi sekaligus bentuk pelestarian tradisi masyarakat Kabupaten Mempawah dalam memeriahkan ramadhan. Rahmad pun mengaku dirinya siap memberikan dukungan dalam bentuk anggaran.

 “Insha allah, kedepan saya akan memfasilitasi agar festival ini menjadi agenda kabupaten dengan tampilan yang lebih semarak dan meriah. Tolong nanti diusulkan proposal dan lengkapi syaratnya, agar bisa mendapatkan anggaran dari pemerintah daerah,” pesan Rahmad sembari disambut tepuk tangan ratusan peserta festival tanglong.

Selain memastikan dukungan anggaran, Rahmad Satria pun secara spontanitas memberikan tambahan hadiah bagi pemenang festival. Dengan tambahan hadiah itu, dirinya beserta para peserta semakin bersemangat dan antusias menyemarakan penyelenggaraan festival tanglong ke-II tahun 2016.

 “DPRD mendukung sepunuhnya kegiatan positif yang dilaksanakan remaja di Kabupaten Mempawah. Pemuda-pemuda di Kabupaten Mempawah harus kreatif dan inovatif. Karena pemuda inilah yang akan mejnadi generasi penerus tongkat estafet pembangunan daerah dimasa mendatang,” tukasnya.(wah)

Berita Terkait