Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwaku

Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwaku

  Rabu, 11 November 2015 09:22
PENGHORMATAN: Sekretaris Daerah Ketapang Drs HM Mansur MSi memberikan penghormatan saat menjadi inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlwan 10 November 2015 di Halaman Kantor Bupati Ketapang, kemarin (10/11). ISTIMEWA

Berita Terkait

KETAPANG – Melalui Peringatan Hari Pahlawan diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada para generasi penerus bahwa semangat juang para pendahulu  dan  pendiri  bangsa  ini,  dapat  diteladani  dan diimplementasikan pada masa kini, dalam bentuk perjuangan yang lain.Tema Hari Pari Pahlawan 10 Nopember 2015 adalah Semangat   Kepahlawanan adalah Jiwa Ragaku, diperingati dengan upacara bendera di Halaman Kantor Bupati Ketapang. Sekretaris Daerah (Sekda) Drs HM Mansur bertindak selaku inpekstur ucapara. Sedangkan komandan upacara adalah Letda Hendra dari Kompi Senapan C 643 Ketapang.

Monetum Hari Pahlawan tersebut  dapat  diwujudkan  dengan bekerja, berkarya, peduli, dan berbagi untuk sesama, guna mencapai prestasi dan cita-cita. "Memunculkan jiwa kepahlawanan dalam diri pribadi untuk berjuang terhadap keterbelekangan," kata Sekda ketika memberikan keterangan pers usai menjadi Inpekstur Upacara Hari Pahlawan di Kantor Bupati Ketapang, Selasa (10/11). Lebih lanjut diingatkan Sekda bahwa pribadi yang tidak memiliki jiwa kepahlawanan, jangankan untuk diri sendiri, apalagi untuk masyarakat atau bangsa. "Jiwa yang berintegrasi dalam kehidupan sebagai warga negara kalau diri pribadi tidak menjiwai kepahlawanan, apa mungkin dia bisa membawa masyarakat lebih jauh membawa bangsa dan negera ini ke depan (menjadi) lebih maju," katanya.

Sekda dalam kesempatan tersebut mengibaratkan generasi muda seperti angin ribut. Mereka, menurut dia, berada pada masa remaja yang sedang puber. Kondisi tersebut, diingatkan dia, karena tidak ada tempat berpijak, akhirnya mudah terombang ambing. Tetapi, dia juga meyakinkan, dengan kemauan yang kuat untuk belajar dan bersekolah serta membantu orang tua, maka mereka bisa menjadi pahlawan. "Itulah jiwa kepahlawan generasi muda membebaskan diri dari hal-hal yang negatif," pungkas mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang tersebut. Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2015 diikuti oleh PNS di jajaran Pemkab Ketapang, TNI, Polri, mahasiswa, pelajar, serta sejumlah ormas, yang ditandai dengan bunyi sirene untuk menghingkan cipta selama 60 detik. (afi/ser)

Berita Terkait